Kepala SKPD Harus Tahu Visi Misi Bupati

Taliwang (Suara NTB) – Sebagai pimpinan di instansi pemerintah, seorang kepala Satuan Perangkat Kerja Daerah (SKPD) dituntut harus mampu bekerja secara efektif dan tetap sasaran. Karena itu kepala SKPD wajib mengetahui arah pembangunan dalam hal ini visi misi bupati.

Hal inilah yang didorong kalangan DPRD Kabupaten Sumbawa barat (KSB) ke depan. Menurut lembaga penyerap aspirasi rakyat ini, menjadi sebuah hal mutlak bagi seorang kepala SKPD untuk kemudian mengetahu visi misi daerah yang merupakan sari pemikiran pemimpin daerah dalam hal ini bupati dan wakil bupati.

Iklan

“Kami kira ini sebagai sesuatu yang wajib dimiliki setiap kepala SKPD,” cetus Ketua Komisi III DPRD KSB Dinata Putrawan, ST kepada media ini, Selasa (6/12).

Ia mengatakan, dalam merencanakan setiap program dan mengeksekusinya seorang kepala SKPD tidak bisa lepas dari kerangka visi misi kepala daerah. Karenanya pemahaman mendalam diperlukan termasuk juga menciptakan pola-pola penyelesaian terhadap permasalahan yang dihadapi untuk pencapaian visi misi tersebut.

“Ini konsekuensi logis. Setiap kegiatan pasti akan ada persoalan yang dihadapi. Nah kepala SKPD juga harus bisa berinovasi menghadapinya jangan kemudian sepenuhnya membebani pimpinan (bupati, red),” ujarnya.

Untuk memastikan setiap kepala SKPD mengerti visi dan misi bupati, politisi Partai Amanat Nasional (PAN) ini menyatakan, bupati memiliki kesempatan untuk mempersiapkannya. Melalui mutasi dalam rangka penyesuaian nomenklatur Perda Perangkat Daerah terbaru, pemerintah dapat menyeleksi secara ketat para pejabat yang akan ditempatkan di masing-masing SKPD.

“Jadi harus diuji kemampuan kepala SKPD itu sebelum ditempatkan. Pertama soal kemampuan memahami visi misi bupati dan kedua kecakapan mereka mengelola SKPD yang akan dipimpinnya,” cetusnya.

Ia menyampaikan, ke depan tantangan pemerintah akan semakin kompleks. Belum lagi sejumlah persoalan yang selama bertahun-tahun juga belum tuntas. Salah satunya dalam rangka mencari terobosan peningkatan Pendapatan Asli Daerah (PAD). “Ini saya kira juga sangat penting. Terobosan peningkatan PAD itu mutlak karena kita melihat progresnya tidak terlalu signifikan setiap tahunnya,” imbuhnya. (bug)

  Kasus Tramadol, Penyidik Polres Bima Tunggu Keterangan Saksi Ahli

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here