Kepala Kejati NTB Terima Kunjungan Kapolda NTB

Kapolda NTB Mohammad Iqbal (kiri) mengangkat ponsel untuk berswafoto bersama Kajati NTB Nanang Sigit Yulianto (kedua kiri) dalam kunjungan perdana di kantor Kejati NTB, Rabu, 10 Juni 2020.(Suara NTB/ist)

Mataram (Suara NTB) – Kepala Kejati NTB Nanang Sigit Yulianto menerima kunjungan perdana Kapolda NTB Irjen Pol Mohammad Iqbal, Rabu, 10 Juni 2020. kepolisian dan kejaksaan merupakan relasi strategis dalam sistem peradilan. Sinergi keduanya tetap solid termasuk dalam hal pengawasan dan pendampingan penanganan pandemi Covid-19.

“Kehadiran Kapolda NTB memberi semangat kepada kami. Juga sebagai bentuk sosialisasi program ‘Polisi Kuat, Jaksa Hebat. Kompak itu Keren,” ucap Nanang, ditemui usai kunjungan tersebut. Menurutnya, jaksa dan polisi bukan hanya sekadar rekan di dalam sistem peradilan. Namun lebih dari itu merupakan elemen yang saling mendukung dalam hal penegakan supremasi hukum.

Iklan

Sementara Iqbal menegaskan, jaksa penuntut umum dan penyidik pada kepolisian berkoordinasi di tahap awal penanganan kasus. Tujuannya untuk meminimalisasi kasus yang mandek karena berkas yang tidak kunjung dinyatakan lengkap. “Intinya koordinasi di tingkat awal kami optimalkan. Sebelum ditemukan kendala, kami sudah duduk satu meja. Koordinasinya sesuai dengan kewenangan. Setelah berkas dicek, dikontrol jaksa misalnya berkas lengkap maka berkas akan maju,” terangnya.

Kapolda menerangkan, kunjungan tersebut juga membicarakan adanya laporan bantuan Jaring Pengaman Sosial (JPS) yang diduga tidak sesuai. Masing-masing Kejati NTB dan Polda NTB menerima laporan yang substansinya sama. “Tugas kami menerima laporan itu, Kejati juga terima laporan. Kami pada prinsipnya apabila ada bukti yang tidak terbantahkan maka kami akan proses hukum. Sudah jelas itu,” kata Iqbal.

Dalam kunjungan tersebut, Kapolda NTB didampingi Dirreskrimsus, Dirreskrimum, dan Dirresnarkoba. Sementara Kajati NTB menerima kunjungan dengan didampingi Wakajati NTB, dan para Asisten Bidang. (why)