Kendaraan Roda Tiga Pengangkut Sampah Mulai Disalurkan

Mataram  (suarantb.com) – Pemkot Mataram mulai menyalurkan kendaraan roda tiga kepada lingkungan yang digunakan untuk mengangkut sampah dari rumah tangga ke TPS. Penyaluran sekaligus peluncuran kendaran roda tiga dilaksanakan Selasa pagi, 18 April 2017. Penyerahan dilakukan langsung Walikota Mataram, H. Ahyar Abduh disaksikan Wakil Walikota Mataram, H. Mohan Roslikana, pimpinan SKPD, camat, dan lurah se-Kota Mataram.

Kepala Dinas Lingkungan Hidup (LH) Kota Mataram, Irwan Rahadi menyampaikan penyaluran tahap pertama ini sejumlah 61 unit kendaraan. Sebelum kendaraan disalurkan, para operator dari setiap lingkungan diberikan pembekalan termasuk juga bagaimana memelihara kendaraan tersebut.

Iklan

Setelah lingkungan memiliki kendaraan roda tiga, pengangkutan sampah ke TPS akan dilakukan dua kali sehari. BBM kendaraan ini juga telah ditanggung. Operator akan diberikan kupon BBM tiap sepekan atau sebulan sekali. Dengan kupon, BBM bisa diambil di pom bensin yang telah ditentukan Pemkot Mataram.

Irwan menegaskan kendaraan ini tak boleh digunakan untuk kepentingan lain selain mengangkut sampah. “Kendaraan ini khusus digunakan untuk mengangkut sampah yang ada di lingkungan, bukan untuk kepentingan lain-lain,” tegasnya.

Sementara itu Walikota Mataram, H. Ahyar Abduh mengatakan kendaraan roda tiga ini sebagai salah satu terobosan efektif penanganan masalah sampah di Mataram. Kendati telah tersedia kendaraan roda tiga di tiap lingkungan program penanganan sampah akan terus diutamakan.

Ahyar menargetkan akhir Mei mendatang seluruh lingkungan telah menerima kendaraan roda tiga ini. Ia juga mengimbau kepala lingkungan agar terlibat aktif menangani masalah sampah. “Mari kita bersama untuk terus berupaya mengurangi atau menangani persampahan kita, khususnya yang berada di lingkungan-lingkungan,” ajaknya. Camat dan lurah juga diimbau mengawasi jalannya operasional kendaraan roda tiga agar dimanfaatkan sebaik-baiknya. (mai)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here