Kendalikan Hujan, TNI AU dan BRIN Modifikasi Cuaca untuk Kelancaran WSBK Mandalika

Ilustrasi

Mataram (Suara NTB)-TNI Angkatan Udara (AU) bekerja sama dengan Badan Riset dan Inovasi Nasional (BRIN) menggelar penyemaian NaCl Powder (Garam) melalui Teknologi Modifikasi Cuaca (TMC) yang ditaburkan di tenggara Lombok Tengah, Jumat 19 November 2021.
Danlanud ZAM yang juga Koordinator Lapangan TMC Lombok, Adi Bayu mengatakan, kegiatan TMC ini merupakan salah satu upaya untuk mengendalikan dan mengurangi curah hujan khususnya di area yang mendekati Sirkuit Pertamina Mandalika.

Pesawat TNI AU Cassa 212 Aviocar dari Skadron Udara 4 Lanud Abdulrachman Saleh Malang, melaksanakan misi TMC selama tiga hari dipiloti oleh Mayor Pnb Andika Ardyagana dan Lettu Pnb Yusuf Erlangga.

Iklan

Pesawat Cassa akan menaburkan garam seberat 800 kilogram dengan ketinggian 9.000 sampai dengan 10.000 feet di area yang sudah ditentukan.
Lebih lanjut disampaikan, kegiatan TMC ini sebagai upaya untuk menghalau awan-awan yang berpotensi hujan agar jatuh di wilayah sebelum Sirkuit Pertamina Mandalika. S ehingga perhelatan World Superbike (WSBK) dapat berjalan dengan aman dan lancar.

NaCl seberat 4,8 ton didatangkan dari Jakarta, dengan menggunakan pesawat TNI AU CN-295 Skadron Udara 2 Lanud Halim Perdana Kusuma dengan tail number A-2901, yang dipiloti oleh Mayor Pnb Suma dan Kapten Pnb Riyo.(bul)

Advertisement Jasa Pembuatan Website Profesional