Kenawa, Pulau Pemikat Para Selebritis

Taliwang (Suara NTB) – Pulau Kenawa merupakan salah satu pulau di gugusan pulau Gili Balu yang terletak di Kabupaten Sumbawa Barat (KSB) Provinsi NTB tepatnya di desa pesisir, Desa Poto Tano, Kecamatan Poto Tano, KSB.

Secara geografis, Pulau Kenawa terletak pada posisi 116049’58,98” BT dan 08029’55,18” LS, dengan batas-batas wilayah administrasi sebelah Utara : Pulau Panjang dan Laut Flores, Sebelah Timur : Pulau Range (Namo) dan Pulau Kalong, Sebelah Selatan : Pulau Sumbawa Sebelah Barat : Pulau Ular dan Selat Alas.

Iklan

Habitat mangrove di Pulau Kenawa

Habitat mangrove di Pulau Kenawa

Pulau ini memiliki luas 13,8 hektar dengan garis pantai yang membentang sepanjang 1,73 km. Daratan Pulau Kenawa didominasi oleh padang rumput yang hampir lebih dari sebagian luas pulau, vegetasi mangrove menutupi sekitar seperempat garis pantai. Sedangkan tipologi pantai pada umumnya berpasir putih. Pulau Kenawa adalah pulau savana yang menghijau saat musim hujan dan kuning emas saat musim panas.

Meskipun belum terlalu dikenal luas dibandingkan destinasi wisata lainnya di NTB, Pulau Kenawa ternyata banyak dikunjungi para selebritis tanah air.

Bahkan, Pulau Kenawa merupakan rumah singgah para wisatawan atau pelancong dari Malaysia. Dengan potensi yang dimiliki, Pulau Kenawa akan dikembangkan menjadi destinasi wisata unggulan KSB dan nasional.

“Pulau Kenawa itu akan jadi andalan wisata Sumbawa Barat dan nasional. Itu luar biasa indahnya. Kalau pelancong Malaysia, itu hanya komunitas rumah singgah. Tapi para selebritis Indonesia hampir tiap minggu datang ke situ,” kata Dr. H. Abdul Hakim, MM, yang pernah menjadi Penjabat Bupati KSB kepada Suara NTB beberapa waktu lalu.

Hakim mengatakan banyak investor yang berminat untuk mengembangkan Pulau Kenawa menjadi salah satu destinasi wisata andalan KSB, baik dalam dan luar negeri. “Ada yang sangat tertarik mengembangkan,” tandasnya.

Menurutnya, Pulau Kenawa merupakan salah satu dari delapan pulau-pulau kecil yang ada di KSB yang sangat potensial untuk pengembangan pariwisata kepulauan. Pulau Kenawa, lanjutnya, merupakan salah satu dari dua pulau yang sering dikunjungi wisatawan baik lokal dan mancanegara selain Pulau Paserang yang sudah memiliki akomodasi pariwisata, seperti penginapan.

Ia menjelaskan Pulau Kenawa masuk dalam jajaran delapan pulau-pulau kecil yang disebut Gili Balu’. Gili Balu’ sendiri masuk dalam kawasan Pengelolaan Hutan (KPH) Brang Rea. Dimana kawasan itu termasuk hutan produksi terbatas.

“Tentu pengembangannya pariwisata berbasis kepulauan,” ucapnya.
Menurut rencana, kata Hakim, sedang dilakukan proses finalisasi rencana pembangunan (RP) kawasan Gili Balu’. (nas)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here