Kenali Tentang Zakat Fitrah, Hukum, Doa, dan Niatnya

Kenali Tentang Zakat Fitrah, Hukum, Doa, dan Niatnya

Zakat fitrah adalah zakat jiwa yang harus Anda bayar jika sudah memenuhi persyaratan sebagai Muzakki. Pembayaran zakat yang satu ini hanya satu kali dalam setahun, yaitu pada bulan Ramadan hingga menjelang Idulfitri. Inilah yang membedakan zakat fitrah dengan zakat lainnya.

Jika Anda membayar zakat fitrah setelah salat Idulfitri, maka Anda masuk ke dalam kategori orang yang tidak membayar zakat. Karena sudah melewati batas waktu pembayaran zakat atau waktu haram membayar zakat fitrah.

Iklan

Zakat fitrah disebut juga dengan zakat shaum. Dengan membayar zakat, artinya Anda sudah membersihkan diri dari segala perbuatan yang tidak ada manfaatnya selama bulan Ramadan. Sehingga, ibadah puasa Anda menjadi sempurna.

Hukum Zakat Fitrah

Hukum menunaikan zakat fitrah adalah wajib untuk setiap umat muslim yang mampu. Sesuai dengan rukun Islam ketiga, yaitu menunaikan zakat. Hal ini juga tertulis dalam Al-Qur’an yang memiliki arti:

“Dan dirikanlah shalat, tunaikanlah zakat dan ruku’lah beserta orang-orang yang rukuk.” firman Allah dalam surat Al-Baqarah ayat 43.

Ukuran zakat yang harus Anda keluarkan adalah sebesar satu sha’ setara dengan 2,5 kilogram gandum, sagu, beras, kurma, dan lain-lain. Atau setara dengan 3,5 liter beras untuk setiap individu. Jenis zakat yang dikeluarkan sesuai dengan makanan yang Anda konsumsi setiap harinya. Hal ini berdasarkan sebuah hadits yang sahih yang diriwayatkan oleh Ibnu Umar.

“Rasulullah SAW mewajibkan zakat fitrah satu sha’ kurma atau satu sha’ gandum atas umat Muslim; baik hamba sahaya maupun merdeka, laki-laki maupun perempuan, kecil maupun besar. Beliau memerintahkannya dilaksanakan sebelum orang-orang keluar untuk salat (salat Idulfitri).” Hadis riwayat Bukhari dan Muslim.

Doa dan Niat Zakat Fitrah

Anda bisa menyalurkan zakat fitrah pada lembaga Badan Amil Zakat Nasional atau Lembaga Amil Zakat yang resmi di Indonesia. Agar pembayaran zakat Anda dapat sampai kepada orang yang tepat dan tidak disalahgunakan oleh oknum yang tidak bertanggung jawab. Sehingga, Anda tidak perlu ragu untuk mempercayakan zakat Anda kepada lembaga tersebut.

Sebelum menyerahkan zakat fitrah, terlebih dahulu dianjurkan untuk membaca doa dan niatnya. Berikut ini adalah lafaz doa dan niat untuk menunaikan zakat terhadap diri sendiri beserta artinya:

Nawaytu an ukhrija zakaata al-fitri’an nasfsi fardhan lillahi ta’ala

Artinya: “Saya niat mengeluarkan zakat fitrah untuk diri saya sendiri fardhu karena Allah Ta’ala”

Namun, jika Anda ingin mengeluarkan zakat untuk Anda beserta seluruh anggota keluarga, Anda dapat membaca doa dan niat berikut ini:

Nawaitu an ukhrija zakaata al-fitri anni wa an jami’i ma yalzimuniy nafaqatuhum syar’an fardhan lillahi ta’ala

Artinya: “Saya niat mengeluarkan zakat fitrah untuk diriku dan seluruh orang yang nafkahnya menjadi tanggunganku fardhu karena Allah Ta’ala”

Itulah informasi singkat tentang zakat fitrah, hukum, serta doa dan niat ketika Anda hendak membayarnya. Artikel ini hanya membahas secara singkat tentang zakat fitrah. Jika Anda ingin mengetahui informasi lengkapnya dapat mengunjungi channel YouTube Literasi Zakat Wakaf.

Selain di platform YouTube tersedia juga akun Instagram dengan nama akun @literasizakatwakaf. Disana Anda bisa mendapatkan informasi tentang literasi zakat wakaf terbaru, terpercaya, dan dapat dipertanggungjawabkan kebenarannya. (r)

Advertisement Jasa Pembuatan Website Profesional