Kempo akan Tetap Latihan Terpusat di Mataram

Atlet Pelatda PON cabor kempo ketika menjalani latihan di Padepokan Silat GOR 17 Desember Turide Mataram belum lama ini. (Suara NTB/fan)

Mataram (Suara NTB) – Pengurus cabang olahraga beladiri kempo mengatakan tidak akan memulangkan atlet meski Komite Olahraga Nasional Indonesia (KONI) NTB akan mengembalikan atlet Pelatda PON ke kabupaten/kota masing-masing dalam waktu dekat ini.

“Kami tidak mungkin memulangkan atlet ke kabupaten/kota. Mereka sudah lama latihan fisik dan teknik disini. Kalau sampai dipulangkan kami takut kondisi fisik mereka menurun. Dan kalau itu terjadi sulit kita kembalikan performance mereka ke titik semula,” ucap Ketua Harian Perkemi NTB, Agus Suharian kepada Suara NTB di Mataram, Rabu, 1 April 2020.

Agus yang juga menjabat pelatih cabor Pelatda  kempo ini menjelaskan bahwa terkait wabah Corona yang terjadi di NTB saat ini patut menjadi atensi semua atlet dan pelatih. Namun demikian soal bahaya virus tersebut tak harus membuat atlet dan pelatih panik.

Dalam hal ini penyebaran Covid-19  di NTB justru harus disikapi oleh atlet dan pelatih dengan tetap menjaga kebugaran fisik dengan melakukan  olahraga dan menjaga kebersihan dan pola makan dan istirahat. Bukan atlet kembali di kabupaten/kota.

“Justru kalau kita pulangkan atlet ke  kabupaten/kota tidak ada yang pantau. Kalau  atlet latihan disini masih bisa kita pantau setiap program latihannya”jelasnya.

Terkait soal keinginan atlet kempo untuk tetap latihan di Mataram, Agus mengatakan pihaknya akan menyewakan kontrakan di  Mataram supaya atlet tetap berada di  satu tempat untuk  tetap menjalani latihan terpusat di Mataram. Hal itu harus dilakukan oleh pihaknya agar kondisi stamina atlet tetap dapat ditingkatkan hingga mengikuti PON di Papua tahun 2020. (fan)