Kementan Tambah 500 Sapi dan 10.000 Itik untuk Penguatan “Food Estate” Labangka

Suryadi Ali Kantong. (Suara NTB/bul)

Mataram (Suara NTB) – Pembangunan kawasan food estate di Labangka, Kabupaten Sumbawa tetap jalan. Dukungan dari APBD, maupun APBN sejauh ini belum terpengaruh Covid-19. Usulan Dinas Peternakan dan Kesehatan Hewan (Disnakeswan) Provinsi NTB juga telah mendapatkan lampu hijau dari Kementerian Pertanian RI untuk menguatkan sarana dan prasarana food estate.

Kepala Bidang Budidaya, Sarana dan Prasarana Dinas Nakeswan Provinsi NTB, Ir. Suryadi Ali Kantong, M.Si menjelaskan, sejumlah paket dukungan sudah  mendapatkan lampu hijau dari Kementerian Pertanian RI. Diantaranya, untuk 500 ekor sapi. Menambah 200 ekor sapi yang sudah diturunkan pada tahun 2020 lalu. Ada juga 10.000 ekor itik untuk pengembangan unggas.

Iklan

Suryadi di ruang kerjanya, Senin, 23 Agustus 2021 menambahkan, selain itu, pemerintah pusat melalui APBN juga mendukung pembentukan kelembagaan korporasi. Dalam hal ini, disetujui anggarannya sebesar Rp500 juta. Selanjutnya dukungan untuk pengembangan sarana prasarana pengolahan pupuk organik.

Pembuatan infrastruktur bio gas. Serta bio urine. Memanfaatkan limbah ternak yang ada di kawasan food estate. “Dukungan tambahan, ada juga untuk pembangunan Puskeswan. Tapi dananya melalui DAK Kabupaten Sumbawa,” imbuhnya. Sementara dukungan dari APBD, kata Suryadi sebesar Rp9 miliar untuk master plant food estate Labangka.

Namun dukungan dari APBD ini peruntukannya umum untuk pengembangan kawasan. Seperti diketahui, food estate merupakan konsep pengembangan pangan yang dilakukan secara terintegrasi mencakup pertanian, perkebunan bahkan peternakan di suatu kawasan. Food Estate juga merupakan kawasan terintegrasi pertanian secara umum.

Dimana outputnya adalah kemandirian menghasilkan produk. Kegiatan hulu hilir dilakukan dalam satu kawasan, dengan syarat food estate adalah memiliki 10.000 hektar lahan pertanian. Dan Food estate ini akan menjadi salah satu Program Strategis Nasional (PSN) 2020-2024. Tahun 2020 lalu, ada lima food estate di Indonesia yang menjadi perioritas dan mendapatkan dukungan penuh dari pemerintah pusat tahun 2021 ini. Namun tahun 2021 ini juga, food estate Labangka masuk sebagai salah satu dari food estate yang akhirnya mendapatkan prioritas tahun 2022 mendatang.

Labangka kedepannya diharapkan menjelma menjadi lumbung peternakan serta pertanian di NTB. Namun semua itu butuh keberanian kita bersama, dengan cara menyiapkan SDM yang baik. Pemerintah daerah di NTB bahkan sangat bersemangat menjadikan  Labangka menjadi contoh food estate terbaik di Indonesia. (bul)

Advertisement Jasa Pembuatan Website Profesional