Kemenpar Kritisi Program Pariwisata NTB

Mataram (suarantb.com) – Asisten Deputi Pengembangan Segmen Personal Kementerian Pariwisata (Kemenpar), Raseno Arsyad mengkritisi pelaksanaan agenda pariwisata dan budaya di NTB. Terlebih lagi, menurutnya Presiden Jokowi pernah mengomentari salah satu penampilan tarian dalam festival di NTB. Raseno juga menyebutkan NTB harus mempunyai kalender pariwisata yang jelas, Sabtu, 26 November 2016.

“Setiap provinsi harus punya calender of event yang jelas. Kegiatan yang dilakukan harus bisa menarik wisatawan mancanegara dan wisatawan nusantara. Jangan asal buat, hanya untuk menghabiskan dana misalnya,” ujarnya.

Iklan

Raseno menjelaskan, dalam melaksanakan acara promosinya harus dilakukan jauh-jauh hari. Begitu pula persiapannya, minimal tiga bulan sebelumnya. “Kalau ada event nasional kami siap back-up. Butuh promosi, kita sudah kontrak televisi-televisi nasional selama setahun buat promosi event pariwisatanya. Kalau mau pertunjukan kesenian, bawa kesenian yang bagus. Supaya mutunya lebih bagus,” katanya.

Selain itu, Raseno mengingatkan setiap agenda pariwisata yang dibuat harus dilaksanakan di lokasi yang ada objek wisatanya.

“Tempat yang ada objek wisatanya. Jangan buat di tengah rumah penduduk, nanti mana ada orang yang mau datang,” katanya.

Kepala Dinas Kebudayaan dan Pariwisata NTB, H. Lalu Muhammad Faozal memang tidak membantah apa yang dikritisi oleh Raseno. “Memang masih perlu diperbaiki lagi. Kemarin pas festival Senggigi memang ada yang tanya, Pak Kadis ini kapan pembukaannya, kapan penutupannya? Memang belum jelas saat itu,” ucapnya.

Untuk itu, Faozal menyebutkan untuk tahun depan Disbudpar NTB akan mempersiapkan agenda pariwisata secara lebih matang. Ia sudah menyiapkan daftar kegiatan untuk tahun 2017. Diantaranya Lombok Great Sale tanggal 1-30 Januari 2017, Pesta Rakyat Bau Nyale bulan Februari 2017, Festival Pesona Lawata bulan Maret-April 2016, Lombok Sumbawa Pearl Festival pada 10-12 Juni 2017 dan banyak festival lainnya. (ros)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here