Kemenhub Segera Bangun Delapan Tower Jaringan di Bima

Muhammad. (Suara NTB/Jun)

Bima (Suara NTB) – Kementerian Perhubungan (Kemenhub) RI, bekerjasama dengan Badan Aksesibilitas Telekomunikasi dan Informasi (Bakti) segera membangun delapan tower jaringan di Kabupaten Bima. Titiknya tersebar di Desa Tarlawi, Oi Bura, Doro Oo, Kaboro, Kawuwu, Mangge, Kangga dan Karampi.

Kepala Bidang Pengelola Teknologi Informasi  Diskominfotik Kabupaten Bima, Drs. Muhammad kepada Suara NTB di kantornya menjelaskan, berbagai tahapan dalam rencana pembangunan BTS atau tower jaringan di daerah blank spot itu, sudah mencapai 80 persen. Mulai dari penentuan titik koordinat hingga pembebasan lahan. “Sekarang tinggal menunggu surat penetapan dan eksekusi saja,” ujarnya.

Iklan

Molornya pembangunan tower jaringan ini, selain pengaruh pembatasan kegiatan masyarakat akibat Covid-19, juga beberapa wilayah sasaran seperti Kabupaten Dompu dan Sumbawa masih berproses.

Karenanya, wilayah ini harus menunggu sementara waktu sampai semua tahapan di daerah tersebut final, sehingga pembangunan tower bisa dilakukan secara serentak. “Intinya tower itu tetap dibangun tahun ini, sebab itu anggaran kegiatan tahun 2021,” tegasnya.

Diungkap Muhammad, berkenaan dengan pengentasan area blank spot di Kabupaten Bima, pihaknya mengusulkan pembangunan 14 BTS. Namun mengingat daerah lain juga membutuhkan sarana itu, sehingga dialokasikan hanya delapan unit.

Alokasi tersebut lumayan jika dibanding Kabupaten/Kota lain di NTB. Disamping pembangunan BTS, Diskominfotik juga mengusulkan peningkatan kapasitas jaringan pada beberapa wilayah, seperti di Desa Piong, Oi Saro dan Kalajena. “Di sekitar wilayah ini ada tower cuma jaringan tidak maksimal, makanya kita minta peningkatan kapasitas,” pungkasnya. (jun)

AdvertisementJasa Pembuatan Website Profesional