Kemenag dan Kemenristek Dikti Setujui IAIN Mataram Jadi UIN

Mataram (suarantb.com) – Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Mataram optimis akan beralih status menjadi Universitas Islam Negeri (UIN). Wakil Rektor  III IAIN Mataram, Dr. Subhan Abdullah Acim, MA saat ditemui mengaku sangat optimis dengan peralihan status IAIN Mataram menjadi UIN.

“Ya, Insya Allah kita tetap optimis dan berdoa. Karena persiapan-persiapan kita sudah matang dan sebagian terealisasi,” ujar Subhan, Rabu, 19 Juli 2016.

Iklan

Subhan menuturkan bahwa IAIN Mataram saat ini telah masuk pada proses alih status dan visitasi Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (Kemenpan-RB). Sebelumnya,  Kementerian Agama dan Kemenristek Dikti telah menyetujui proses alih status IAIN Mataram tersebut.

“Alhamdulillah,  saat ini kami sudah sampai tahap visitasi dari Menpan-RB untuk alih status itu.  Artinya dua kementerian sebelum Menpan- RB sudah menyetujui, Kementerian Agama sudah menyetujui, Kemenristek Dikti sudah memberikan rekomendasi,” jelasnya.

Menurut Subhan, langkah terakhir proses alih status IAIN Mataram tinggal menunggu rekomendasi Menpan RB untuk menilai kelayakan IAIN Mataram diberikan status universitas. Indikator kelayakan yang dinilai menurt Subhan adalah letak geografis dan animo masyarakat terhadap pendidikan islam.

“Terbukti, kita selalu menerima pendaftaran sampai 3.500 orang, sementara yang kita terima 2000 saja. Kita menginginkan UIN ada disiplin ilmu yang sifat umum, tidak hanya agama, karena UIN sesuai kultur masyarakat NTB yang religius,” tambahnya. (szr)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here