Kembangkan Konten Lokal

Wagub NTB Hj. Sitti Rohmi Djalilah meresmikan Perpustakaan Pojok Digital Islamic Centre, Jumat 26 Februari 2021.

Wakil Gubernur (Wagub) NTB Dr. Ir. Hj. Sitti Rohmi Djalilah, MPd., meresmikan Perpustakaan Pojok Digital Islamic Centre, Jumat 26 Februari 2021. Peresmian dilaksanakan di halaman sebelah barat Islamic Centre ini dilengkapi juga dengan rumah baca yang dilengkapi dengan beberapa koleksi.

Dalam sambutan peresmiannya, Wagub sangat mengapresiasi keberadaan perpustakaan pojok digital yang ada di kompleks Islamic Centre. Bahkan, wagub mengingatkan agar koleksi deposit, terutama konten lokal (local content) semakin dikembangkan, karena ini merupakan salah satu media atau sarana untuk mempromosikan daerah NTB kepada masyarakat agar NTB semakin dikenal.

Iklan

Apalagi, ujarnya, tujuan dari perpustakaan pojok baca digital ini menumbuhkembangkan kebiasaan membaca kepada masyarakat sekitarnya. Termasuk mendorong kegiatan belajar sepanjang hayat untuk meningkatkan keterampilan, pengetahuan dan wawasan demi peningkatan kualitas hidup.

Tidak hanya itu, wagub berharap adanya perpustakaan ini mampu memasyarakatkan pemanfaatan teknologi informasi dalam bentuk format digital dengan mengikuti perkembangan ilmu pengetahuan, teknologi, ekonomi dan kebudayaan. Bahkan, bisa menjamin ketersediaan dan pemanfaatan berbagai sumber informasi dalam rangka memenuhi kebutuhan informasi masyarakat baik wisatawan domestik maupun mancanegara.

Sementara Pelaksana Tugas Kepala Dinas Perpustakaan dan Kearsipan NTB H. Amir, S.Pd., M.Pd., menjelaskan, keberadaan Perpustakaan Pojok Digital di Islamic Centre ini merupakan hasil kerjasama antara Dinas Perpustakaan dan Kearsipan NTB , Dinas Pariwisata NTB dan Bank Syari’ah Mandiri.

Menurutnya, Pojok Baca Digital koleksi NTB ini yang berada di Islamic Centre merupakan salah satu upaya Dinas Perpustakaan dan Kearsipan bersama Dinas Pariwisata untuk mendekatkan layanan perpustakaan kepada masyarakat dan memperkaya menu destinasi wisata di Islamic Centre.

Sementara terkait koleksi deposit NTB, ujarnya, sampai saat ini mencapai 10.000 judul dan telah dialihmediakan sudah mencapai sekitar 1.554 judul, namun yang bisa diakses lewat aplikasi iDeposit NTB dalam bentuk monograf baru 79 judul, buletin dan majalah 26 judul, manuskrip/naskah kuno 1 judul serta surat kabar tahun 2019 dari Januari sampai Desember.

Dalam hal ini, ujarnya, Bidang Deposit dan Informasi Perpustakaan terus berupaya agar keseluruhan koleksi koleksi deposit yang sudah dialihmediakan tersebut dapat diakses oleh pemustaka melalui bit.ly/ideposit. ‘’Yang jelas, perpustakaan pojok baca digital ini terbuka untuk umum dilengkapi fasilitas dan ruangan yang nyaman, menyediakan akses internet gratis, koleksi deposit (local content) dan surat kabar lokal, baik dalam bentuk manual maupun dalam bentuk digital,’’ ujarnya. (ham)

Advertisement Jasa Pembuatan Website Profesional