KEK Mandalika Beroperasi, PAD Loteng Ditarget Bertambah Rp 500 Miliar

Praya (Suara NTB) – Keberadaan Kawasan Ekonomi Khusus (KEK) Mandalika yang saat ini tengah dalam proses pengembangan diprediksi bakal memberikan multiplayer effect yang luas bagi NTB dan Lombok Tengah (Loteng) pada khususnya. Tidak hanya dari aspek peningkatan angka kunjungan wisatawan di daerah ini saja, dari sisi pemasukan daerah berupa Pendapatan Asli Daerah (PAD) diprediksi meningkat.

Bahkan Pemkab Loteng menargetkan PAD sebesar Rp 500 miliar bisa masuk dari dari KEK Mandalika ketika mulai beroperasi kelak. “Saat ini KEK Mandalika masih dalam proses pembangunan. Dan, setelah mulai beroperasi nanti, KEK Mandalika diharapkan akan mampu memberikan sumbangan PAD yang besar bagi daerah,” sebut Wabup Loteng, L. Pathul Bahri, S.IP, Selasa, 25 April 2017.

Iklan

Diakuinya, saat ini PAD Loteng masih sangat minim, yakni baru pada angka Rp 160 miliar lebih. Di satu sisi, kebutuhan pembiayaan pembangunan di daerah ini cukup besar, sehingga sumber pembiayaan pembangunan di daerah ini lebih didominasi anggaran dari pusat.

Namun dengan akan segera beroperasinya KEK Mandalika, sumber-sumber PAD akan mulai terbuka dan bisa mendorong peningkatan PAD Loteng. “Besar dampak positif yang bisa diberikan KEK Mandalika. Terutama dari sisi PAD,” tandasnya.

Untuk itu, keterlibatan masyarakat dalam mensukseskan pengembangan KEK Mandalika sangat diharapkan, karena bagaimanapun juga, pembangunan tidak akan bisa berjalan sukses, tanpa ada dukungan dari seluruh elemen masyarakat di daerah ini. (kir)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here