Kejari Lotim Sita Barang Bukti Alsintan

Barang bukti Alsintan dalam kasus dugaan korupsi yang tidak tepat peruntukan dan disita oleh Kejari Selong.(Suara NTB/ist)

Selong (Suara NTB)  – Kejaksaan Negeri (Kejari) Lombok Timur (Lotim) melakukan penyitaan terhadap puluhan barang bukti alat mesin pertanian (alsintan) bantuan dari pemerintah pusat tahun 2018. Penyitaan ini terkait ada indikasi tindak pidana korupsi (tipikor) dalam penyalurannya ke masyarakat yang disalurkan melalui Dinas Pertanian (Distan) Lotim waktu itu.

Kasi Intelijen Kejari Lombok Timur (Lotim), Lalu M. Rasyidi, S.H, mengatakan bahwa penyitaan itu dilakukan untuk mempermudah penghitungan jumlah kerugian negara yang timbul dalam pendistribusian bantuan tersebut. Terlebih pihaknya tengah mengantongi dua alat bukti yang cukup dalam dugaan Tipikor bantuan yang bersumber dari Kementerian Pertanian ini.  “Kita sudah sita barang bukti Alsintan yang masih ada, jumlahnya puluhan. Kalaupun ada yang tertanam, bila perlu kita gali,” tegasnya, Jumat, 19 Februari 2021.

Iklan

Saat ini, penghitungan sementara kerugian negara kurang lebih Rp1 miliar dengan total nilai bantuan sekitar Rp40 miliar. Untuk jumlah pasti kerugian negara, Kejari Lotim masih menunggu hasil audit dari BPKP. Barulah penetapan tersangka setelah hasil audit itu keluar. Barang bukti yang disita ini diambil dari beberapa tempat, terutama dari masyarakat dan UPJA (Unit Pengelola Jasa) atau kelompok tani. Dikarenakan diduga salah sasaran dan tidak sesuai peruntukannya.

 “Kita sudah melakukan pemeriksaan terhadap 30 orang baik dari unsur pemerintahan dan masyarakat,” sebutnya.   Adapun berdasarkan data penyelewengan Alsintan tahun 2018, yang menjadi temuan Kejari Lotim di antaranya 34 unit traktor roda dua. Sementara 1 unit roda empat masih dalam tahap pencarian karena hilang atau digelapkan. Sementara, alsintan yang diterima waktu itu, di antaranya 5 unit traktor roda 4, 60 unit traktor roda 2, 121 unit mesin pompa air dan 29 unit pompa air merk Honda. “Total keseluruhan Alsintan itu sebanyak 250 unit,” bebernya. (yon)

Advertisementfiling laporan pajak filing laporan pajak Jasa Pembuatan Website Profesional