Kejari Loteng Musnahkan Barang Bukti Hasil Kejahatan

Pemusnahan barang bukti kasus kejahatan di Kejari Loteng, Selasa, 30 November 2021. (Suara NTB/kir)

Praya (Suara NTB) – Barang bukti hasil kejahatan dimusnahkan Kejaksaan Negeri (Kejari) Lombok Tengah (Loteng), Selasa, 30 November 2021. Kegiatan ini dipimpin Kepala Kejaksaan Negeri (Kajari) Loteng, Fadil Regan, S.H., dan saksikan Kepala Dinas Kesehatan (Dikes) Loteng, Dr. Suhardi, perwakilan Polres Loteng serta Pengadilan Negeri (PN) Praya. Barang bukti ini diamankan dari puluhan kasus kejahatan periode Januari 2021 hingga November saat ini.

“Barang bukti kasus kejahatan yang dimusnahkan ini merupakan barang bukti kejahatan yang proses hukumnya sudah selesai dan sudah memiliki kekuatan hukum tetap alias inkracht,” ujar Kajari Loteng Fadil Regan.

Iklan

Fadil mengatakan, sesuai ketentuan yang ada barang bukti dari kasus-kasus kejahatan yang sudah inkracht harus dimusnahkan, apapun bentuknya. “Untuk barang bukti kasus narkoba, kita larutkan dalam air. Sementara yang lainnya, kita bakar,” imbuhnya.

Ada juga barang bukti berupa senjata tajam (sajam) serta barang elektronik dipotong menggunakan alat pemotong besi supaya tidak bisa dipergunakan lagi. Pemusnahaan dilanjutkan dengan penandatanganan berita acara pemusnahan barang bukti oleh pihak kepolisian bersama dengan pengadilan.

Dikatakanya, saat ini jumlah kasus kejahatan yang ditangani Kejari Loteng masih cukup banyak, terutama kasus pidana umum. Namun barang buktinya belum bisa dimusnahkan, karena kasus hukumnya masih dalam proses. Kecuali kalau kasus tersebut sudah memiliki kekuatan hukum tetap, pasti akan dimusnahkan barang buktinya.

Kasar Resnarkoba Polres Loteng, Iptu Hizkia Siagian, menambahkan, untuk barang bukti kasus narkoba total ada sekitar 5 gram lebih yang dimusnahkan. Jumlah tersebut merupakan sisa dari barang bukti yang dijadikan sampel untuk keperluan uji laboratorium. “Yang untuk kasus narkoba memang ada yang diambil untuk sampel. Sisanya inilah yang dimusnahkan,” pungkasnya. (kir)

Advertisement