Kejar Target, Vaksinasi Anak Langsung di Rumah

0
Made Dimas (Suara NTB/dok)

Praya (Suara NTB) – Upaya percepatan vaksinasi anak usia 6-11 tahun terus dilakukan Pemkab Lombok Tengah (Loteng) bersama jajaran Polres Loteng. Selain dengan menggelar vaksinasi di sekolah-sekolah, mulai Senin, 17 Januari 2022, petugas vaksinasi juga turun langsung ke rumah warga, untuk melakukan vaksinasi kepada anak sasaran. Seperti yang dilakukan jajaran Polsek Kawasan Mandalika bersama dengan vaksinator Puskesmas Kuta.

“Vaksinasi anak door to door dilakukan khusus bagi anak usia 6-11 tahun yang tidak masuk data di sekolah,” sebut Kapolres Loteng, AKBP Hery Indra Cahyono, S.H., melalui Kapolsek Kawasan Mandalika AKP Made Dimas, SIK, dalam keterangannya, Selasa, 18 Januari 2022.

IKLAN

Sasaran vaksinasi tersebut, tegas Dimas tidak hanya anak-anak dari warga lokal saja. Tetapi juga anak-anak dari warga negara asing yang tinggal dan menetap di wilayah kawasan The Mandalika dan sekitarnya, karena vaksinasi anak menyasar semua anak. Apakah itu warga lokal ataupun warga negara asing yang memang tinggal di daerah ini.

Adapun anak-anak yang masuk di data sekolah, vaksinasinya dilakukan disekolah. Tapi bisa saja dilakukan di rumahnya jika memang belum mendapat vaksinasi di sekolahnya. “Mulai kemarin, seluruh Bhabinkamtibmas yang ada wilayah kawasan The Mandalika sudah kita arahkan mendatangani dan mendata rumah-rumah warga anaknya belum divaksin. Baik itu warga negara asing maupun warga kawasan The Mandalika sendiri,” ujarnya.

Ia menegaskan, vaksinasi anak khususnya lagi di kawasan The Mandalika sangat penting. Mengingat, kawasan tersebut sebentar lagi akan menjadi tuan rumah gelaran MotoGP. Sehingga kekebalan komunal pada anak-anak penting diperkuat. Hal ini untuk meminimalisir potensi penyebaran Covid-19 di kalangan anak-anak.

Terlebih, kegiatan belajar mengajar secara tatap muka sudah mulai berjalan. Jangan sampai karena belum mendapat vaksinasi, anak-anak justru terpapar Covid-19. “Semua elemen masyarakat harus mendukung dan mensukseskan program vaksinasi. Terlebih masyarakat di kawasan The Mandalika, menjelang perhelatan event MotoGP 2022 di sirkuit internasional Mandalika, menjadi sangat penting,” tutupnya.

Vaksin Merdeka Anak yang digelar Polres Loteng dengan pemerintah daerah setempat menyasar sebanyak sekitar 141.000 orang anak. Dengan target vaksinasi sekitar 10 ribu dosis per hari. Harapannya, vaksinasi anak bisa segera tuntas dilaksanakan. Dalam artian, seluruh anak khususnya siswa-siswi di wilayah ini harus menerima vaksin demi meningkatkan kekebalan tubuh agar terhindar dari paparan Covid-19. (kir)