Kejar Target PAD, Tarif Masuk Dermaga Labuhan Haji Dinaikkan

Selong (suarantb.com)

Momentum libur lebaran dimanfaatkan pengelola tempat wisata Dermaga Labuhan Haji Lombok Timur menaikkan harga  karcis masuk. Hal ini dilakukan untuk mengejar target Pendapatan Asli Daerah (PAD) sebesar Rp 300 juta tahun ini.

Iklan

Staf UPP Dinas Perhubungan Komunikasi dan Informatika (Dishubkominfo) Lombok Timur, Herman mengatakan,kontribusi dari para pengunjung, nantinya akan dimanfaatkan untuk biaya  pengerukan ulang Dermaga Labuhan Haji  tahun 2018. “Mengingat Labuhan Haji mengejar target Rp 300 juta per tahun, karna 2018 akan dikeruk kembali,” ujarnya ketika dikonfirmasi suarantb.com, Kamis (6/7).

Herman mengatakan, kontribusi yang diambil dari pengunjung  pada hari hari biasa sebesar Rp 2.500 bagi pengendara sepeda motor. Namun sekarang naik menjadi Rp 3.000 bagi pengendara sepeda motor. Sedangkan untuk kendaraan roda empat, karcis masuk sebesar Rp 4.000. Kenaikan tarif ini dimaksudkan untuk mengejar target penghasilan sebesar Rp 300 juta pertahun.

Herman menjelaskan pengerukan ulang Dermaga Labuhan Haji dilakukan karena kolam labuh dermaga masih sangat dangkal. Akibatnya kapal-kapal tongkang yang masuk dermaga kandas. “Kolam labuh kita masih dangkal, jadi ketika kapal tongkang masuk harus kandas dulu, baru bisa nyandar,” tuturnya.

Diketahui, selama ini Dermaga Labuhan Haji masih beroperasi sebagai tempat rekreasi, dan sarana bongkar muat cangkang kelapa sawit dari Sulawesi. Dishubkominfo dan Aparatur Sipil Negara (ASN) Pemkab Lombok Timur melakukan pembersihan di area dermaga. Tapi mereka tetap   menarik kontribusi dari pengunjung pada lahan seluas  11 hektare tersebut.

Herman menambahkan, pihaknya rutin melakukan pembersihan pada area dermaga. Khusus hari Jumat, ia dan para ASN  meluangkan waktu dari jam 07.00-09.00 Wita, untuk bergotong royong melakukan pembersihan secara menyeluruh. “Khususnya hari Jumat kami menyapu dan memotong rumput dengan PNS (ASN,red) di semua bagian dermaga,” ungkapnya. (ism)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here