Kejaksaan akan Panggil Semua Kades di Sumbawa

Sumbawa Besar (Suara NTB) – Guna mengantisipasi terjadinya penyimpangan di kemudian hari, kejaksaan berencana memanggil semua kepala desa di Sumbawa untuk melakukan konsultasi.

Kajari Sumbawa melalui Kasi Intel, Erwin Indrapraja, SH., MH kepada wartawan, Senin, 14 November 2016 menyampaikan pihaknya sudah jauh-jauh hari berkomitmen melakukan pengawasan dana desa sejak dikucurkan ke masing-masing desa. Dalam artian memonitoring penggunaannya. Apakah penggunaannya sesuai atau tidak. Karena dana yang dikucurkan cukup besar.

Iklan

Dikhawatirkan, pihak desa teledor menggunakan dana desa jika tidak diawasi secara detail. Bahkan baru-baru ini, pihaknya telah melakukan rapat dengan Inspektorat dan BPBD, untuk rencana pembentukan tim pemantauan dana desa. Dalam waktu dekat pihaknya akan turun mengawasi peruntukan dana tersebut.

“Kemarin sudah kita susun, tinggal segera dibentuk. Tim ini melibatkan kejaksaan, inspektorat dan BPMPD. Juga kita ikut melibatkan pengawas desa yang dibentuk oleh BPMPD. Nanti kita juga akan memanggil kepala desa semuanya. Termasuk kepala BPD. Saya sudah bicarakan dengan Inspektorat. Tujuannya kita menertibkan pembangunan desa. Jangan sampai jadi masalah nantinya,” ujarnya.

Dalam pengawasan dana desa ini, pihaknya juga berencana bersinergi dengan pihak kepolisian. Dimana dalam pengawasannya kepolisian melalui Bhabinkamtibmas. Dengan sinergi tersebut akan semakin bagus, karena banyak yang mengawasi. Tentunya pekerjaan di desa semakin sesuai dengan spek dan aturan. Apabila ada pembangunan yang belum berjalan di desa, pihaknya bisa melakukan pencegahan dengan menyarankan segera dituntaskan. Namun apabila pihaknya sudah melakukan pencegahan, tetapi tetap terjadi penyimpangan tetap akan ditindak.

“Kalau misalnya dana desa itu terjadi penyimapangan atau tidak sesuai dengan aturan, kita tindak,” tandas Erwin. Sebelumnya, tambah Erwin, sudah ada beberapa desa yang berinisiatif untuk melakukan konsultasi ke Kejaksaan. (ind)

  Polres Dompu Amankan 1.420 Batang Kayu Diduga Ilegal

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here