Kecewa Bertugas di Tambora, Seorang Kepsek Nyaris Bakar Diri

Bima (Suara NTB) –  Seorang Kepala Sekolah (Kepsek) berinisial JN, membuat heboh jajaran Dinas Pendidikan Kebudayaan Olahraga dan Pemuda (Dikbudpora) Kabupaten Bima, Senin, 10 April 2017. Pasalnya oknum tersebut menyelinap masuk saat rapat, lalu menyiramkan bensin ke badannya.

Informasi yang dihimpun Suara NTB, kejadian tersebut saat sejumlah pejabat teras Dikbudpora tengah menggelar rapat di kantor setempat sekitar pukul 09.30 wita. Namun tiba-tiba seorang ASN yang ketahui Kepala Sekolah di salah satu SDN di Kabupaten Bima menyiram dirinya dengan bensin bensin.

Iklan

Beruntung saat itu, yang bersangkutan tidak menyalakan api, sehingga tidak terjadi hal-hal yang diinginkan. Ia langsung diamankan pegawai Dikbudpora setempat. Sementara agenda rapat terpaksa ditunda.

Kepsek tersebut diduga kecewa atas kebijakan Dinas setempat. Karena tidak diakomodir keinginannya untuk pindah dari Sekolah di SDN Oi Marai, Kecamatan Tambora, wilayah terpencil di Kabupaten Bima, ke Sekolah di Kecamatan Bolo, tempat tinggalnya.

Menanggapi hal tersebut, Sekretaris Dikbudpora Kabupaten Bima, Drs. H. Lukman H. A. M.Si, membenarkan kejadian tersebut. Hanya saja menurutnya, ulah oknum tersebut dianggap bercanda. Karena sebelumnya mereka duduk-duduk bersama.

“Tidak ada apa-apa, hanya bercanda saja. Kami tadi juga sempat ngopi bersama,” katanya.

Lukman menjelaskan, terkait keinginan Kepsek tersebut tidak bisa dituruti dan diakomodir oleh pihaknya. Karena proses rotasi dan mutasi merupakan hak prerogatif kepala Daerah.

“Pada prinsipnya sudah kami jelaskan detail kepada yang bersangkutan. Dan itu sudah dimengerti dan dipahami,” katanya.

Ia menegaskan, proses mutasi jajaran Dikbudpora belum lama ini, telah sesuai dengan aturan main. Kalaupun ada pihak-pihak yang tidak terakomodir dan tidak menerima, merupakan hal yang wajar.

“Setiap kebijakan pasti ada pro dan kontra. Intinya mutasi dan rotasi yang dilakukan kemarin sudah melalui pertimbangan dan mekanisme,” pungkasnya. (uki)