Kecelakaan Kapal TKI, 10 TKI Asal Lombok Ditemukan Meninggal

Mataram (suarantb.com) – Usaha pencarian korban kecelakaan kapal pengangkut TKI yang terjadi di Teluk Mata Ikan Mangsa Batam kemarin sudah membuahkan hasil. Kepala Bidang Penempatan dan Perluasan Kerja Disnakertrans NTB, H. Zainal, B.Sc menyebutkan dari 31 korban meninggal yang ditemukan hingga tadi malam, 10 orang adalah TKI asal Lombok. Demikian disampaikannya di Kantor Gubernur NTB, Kamis, 3 November 2016.

“Kita baru menerima info, 10 korban meninggal yang sudah teridentifikasi berasal dari Lombok. Lima orang dari Lombok Timur, lima dari Lombok Tengah. Sisanya masih belum diidentifikasi,” jelasnya.

Iklan

Mengenai pemulangan jenazah dari Batam, Zainal mengaku tengah melakukan koordinasi dengan pihak BP3TKI yang berada di Batam. Belum ada kepastian kapan jenazah akan dipulangkan. Karena memang perlu dilakukan identifikasi terlebih dahulu untuk memastikan identitas korban.

“Kalau sudah diidentifikasi secepatnya akan dipulangkan. Paling tidak satu atau dua hari,” sebutnya.

Untuk menyambut kedatangan jenazah pihaknya kemungkinan akan dihadapkan pada kendala jumlah ambulans. Karena di BP3TKI hanya ada satu ambulans. Pihak Disnakertrans NTB akan melakukan koordinasi dengan Dinaskertrans Kabupaten Lombok Tengah dan Lombok Timur.

“Karena ambulans di BP3TKI hanya ada satu, sedangkan jenazah ada 10. Tentunya kami akan koordinasikan dengan Disnakertrans Lombok Tengah dan Lombok Timur. Lombok Tengah sudah kita kontak tadi. Yang penting tanggal sudah ada, insha Allah dia siap menjemput,” tuturnya.

Hasil identifikasi yang diterima Disnakertrans NTB mengenai 10 korban meninggal asal Lombok belum disertai penjelasan mengenai identitas korban secara rinci. Baru asal korban saja yang diketahui. Untuk 25 korban asal Lombok yang selamat, Disnakertrans NTB juga belum bisa memberikan kontak korban. (ros)