Keberhasilan Donor Plasma Darah Covid-19 di NTB Dapat Apresiasi

Najamuddin Amy. (Suara NTB/ist)

Mataram (Suara NTB) – Keberhasilan RSUD Provinsi NTB mendapatkan donor plasma konvalesen atau donor plasma darah dari penyintas Covid-19 mendapatkan apresiasi dari Pemprov NTB.

“Kita sangat bersyukur ini bisa menjadi salah satu catatan yang bersejarah dalam penanggulangan Covid-19 di NTB. Ini menjadi catatan yang patut diapresiasi karena membuktikan bahwa Provinsi NTB bisa menjadi salah satu daerah yang terdepan dalam penanganan pasien Covid-19,” ujar Kepala Biro Humas dan Protokol Setda NTB, Najamuddin Amy, S.Sos, MM, kepada Suara NTB, Minggu, 20 Desember 2020.

Penggunaan plasma darah dari penyintas Covid-19 diyakini bisa memberikan antivirus bagi pasien pengidap Covid-19. Terapi ini diketahui dapat menurunkan angka kematian dan komplikasi akibat Covid-19. Sesuai namanya, terapi ini dilakukan dengan memberikan plasma, yaitu bagian dari darah yang mengandung antibodi dari orang-orang yang telah sembuh dari Covid-19.

Penanggung Jawab Medis UTDRS Rumah Sakit Umum Daerah Provinsi NTB, dr Raehanul Bahraen Sp.PK M.Sc melalui akun Facebook PPID RSUD Provinsi NTB, secara resmi mengumumkan keberhasilan pihaknya mendapatkan donor plasma konvalesen perdana di Unit Transfusi Daerah RSUD Provinsi NTB.

Terkait capaian ini, Najamuddin berharap, ke depan, akan semakin banyak pendonor yang bersedia dan sanggup memenuhi kriteria untuk mendonorkan darah mereka guna menyembuhkan para penderita Covid-19. (aan)