Kebakaran Pasar Soro Kempo Diduga Dipicu Pembakaran Sampah

Pedagang beras di pasar Soro Kempo sedang memegang puing-puing beras dagangannya pasca kebakaran, Jumat, 8 Oktober 2021 pagi.(Suara NTB/ist)

Dompu (Suara NTB) – Pasar tradisional Soro Kempo hangus dilalap jago merah pada Jumat, 8 Oktober 2021 dini hari. Kebakaran diduga dipicu oleh api sisa bakaran sampah di tengah komplek pasar Soro. Saat penyelamatan dari kobaran api, sejumlah barang dagang diduga dijarah.

Aparat Kepolisian sedang mendalami penyebab kebakaran dan tindak pidana lainnya dari kebakaran pasar Soro Kempo. “Kita sudah koordinasi dengan Polres Dompu untuk menyelidiki penyebab kebakaran. Tapi sejauh ini, dugaan kita karena konsleting listrik. Karena tidak ada saksi yang melihat awal mula kebakaran. Api itu pertama dilihat oleh anggota kita saat membakar kios (dagangan),” kata Kapolsek Kempo, Iptu Zuharis kepada Suara NTB, Jumat, 8 Oktober 2021.

Iklan

Jajaran Polsek Kempo juga menjadi pihak pertama yang menkoordinir warga dengan membunyikan sirine mobil patroli untuk mengumpulkan warga. Warga yang membantu memadamkan api serta menyelamatkan barang yang bisa diselamatkan, juga langsung dihimbau untuk tidak mengambil barang korban kebaran. “Barang yang berhasil diselamatkan langsung dikumpulkan di depan Polsek,” ungkap Zuharis.

Dugaan barang milik korban kebakaran dijarah warga saat penyelamatan, kata Zuharis, kemungkinan besar tertukar. Karena barang – barang yang berhasil diselamatkan langsung dikumpulkan depan Polsek. “Kalau dijarah, sejauh ini belum ada laporan ke Polsek,” terangnya.

Zuharis juga menyampaikan, saat ini pihaknya ikut membantu Camat dan Dinas terkait mendata korban kebakaran serta kerugian akibat kebakaran. Data sementara, sekitar 70an kios dan lapak warga hangus terbakar. “Rumah warga tidak ada yang terbakar,” katanya.

Camat Kempo, Drs Budirahman yang dihubungi terpisah mengaku belum bisa memastikan jumlah korban kebakaran di pasar Soro Kempo. Penyebab kebakaran juga belum dipastikan, tapi informasi yang berkembang bahwa kebakaran pasar Soro Kempo diduga berasal dari api bakaran sampah di kompleks pasar. “Itu ranahnya aparat kepolisian yang bisa mengungkapnya,” kata Budi.

Dari pendataan sementara yang dilakukan, pengakuan pedagang setempat ada barang – barangnya yang dijarah. Pedagang yang dijarah barang daganganya sekitar 8 orang dengan nilai sekitar Rp210 juta. (ula)

AdvertisementJasa Pembuatan Website Profesional