Kebakaran di Nitu Kota Bima, Gubernur NTB Perintahkan Jajaran Gerak Cepat Bantu Korban

0
Penanganan terhadap korban kebakaran di Kelurahan Nitu, Kecamatan Raba, Kota Bima yang dilakukan oleh pemerintah provinsi, pemerintah kota bima dan jajarannya, Jumat, 13 Mei 2022.(Suara NTB/ist)

Mataram (Suara NTB) – Gubernur NTB Dr. H. Zulkieflimansyah, SE., M. Sc.,  merespon dan bergerak cepat memerintahkan Dinas Sosial dan BPBD Provinsi NTB, untuk mengantensi dan segera membantu korban kebakaran di Kelurahan Nitu, Kecamatan Raba, Kota Bima.

“Kadis Sosial dan Kalak BPBD segera atensi dan bantu korban kebakaran di Kota Bima,”tegas Doktor Zul sapaan Gubernur, Jumat, 13 Mei 2022 di Mataram.

IKLAN

Pria kelahiran Sumbawa tersebut memastikan bahwa Dinas Sosial dan BPBD Provinsi NTB segera membantu dan berkoordinasi dengn Dinas Sosial dan BPBD Kota Bima. Ia juga menyampaikan bela sungkawa dan keprihatinan terhadap musibah terbakarnya beberapa rumah di Kelurahan Nitu Kota Bima. “Ayo terus jaga kewaspadaan di lingkungan kita masing-masing,” pesan Gubernur.

Menurut Kadis Sosial Provinsi NTB H. Ahsanul Khalik, MH,  pihaknya terus melakukan koordinasi dan komunikasi dengan Tim Tagana, Dinas Sosial dan BPBD Kota Bima. “Kita sudah minta bantuan agar segera di drop dari gudang logistik Dinsos Kota Bima,” jelasnya.

Bantuan awal seperti kasur lipat, tikar gulung, kidware, foodware dan peralatan dapur, sudah di distribusikan. “Namun saat ini kita masih mendata dan berkoordinasi dengan Pemkot Bima untuk memastikan kebutuhan korban,” tambah Kadis.

Sementara itu, Pujawan P, ST,sekretaris BPBD Kota Bima mengaku bahwa kebakaran yang terjadi Pada RT.002/001 Kel.Nitu Kota Bima Hari Ini Jumat 13 Mei 2022. “Kebakaran yang terjadi Sekitar Pukul 13.20 menghanguskan sedikitnya 5 rumah panggung dan barang dalam rumah tidak ada yang diselamatkan,” jelasnya.

Beberapa barang berharga seperti tractor, uang tunai ratusan juta, emas dan barang lainnya ikut terbakar. “Tidak ada korban jiwa dalam musibah ini dan penyebab kebakaran masih diselidiki,” terangnya.

Dari 5 unit rumah panggung yang terbakar, 4 di antaranya rata dengan tanah. Yaitu rumah  Nurdin,  H. Arsyad, Ruslan, Mustamin dan rumah milik Junaidin, awalnya memang rusak.

Bantuan untuk korban kebakran telah didistribusikan oleh Kadis sosial Kota Bima, Sekertaris Dinas Sosial Kota Bima,  Kabid Linjamsos Dinas Sosial Kota Bima dan  Tagana Dinas Sosial Kota Bima.

Musibah kebakaran tersebut juga telah disampaikan oleh masyrakat melalui kanal aduan milik Pemprov. NTB Care dan telah ditindaklanjuti langsung ke Dinas terkait dan langsung tertangani dengan baik. (r)

IKLAN