Keamanan Pariwisata NTB Harus Ditingkatkan

Mataram (suarantb.com) – Maraknya aksi kejahatan terhadap wisatawan asing menjadi masalah yang berdampak buruk bagi perkembangan dunia pariwisata NTB kedepan. Pasalnya, tujuan wisatawan berkunjung adalah untuk bersantai dan menikmati keindahan alam.Hal tersebut tak akan terwujud apabila keamanan tidak menjadi perhatian serius antara pemerintah dan masyarakat.

Hal tersebut disampaikan Anggota Komisi II DPRD NTB, Ir. Made Slamet kepada suarantb.com terkait masih banyaknya kejadian tindak kejahatan yang menimpa wisatawan asing di NTB.

Iklan

“Kita apa sih kurangnya, Lombok ini tidak ada yang mengalahkan keindahan alamnya. Saya sudah berkunjung ke beberapa daerah, nggak ada, hanya mungkin masyarakatnya yang harus lebih terbuka menyambut wisatawan,” ujarnya, Kamis, 29 September 2016.

Ia menuturkan, keindahan alam yang dimilki NTB punya nilai jual tinggi yang menjadi daya tarik wisatawan. Namun, daya tarik tersebut tidak akan memberi dampak besar ketika masyarakat belum bisa menjadi tuan rumah yang baik bagi para wisatawan.

“Apa sih yang dicari mereka datang kesini, kan mau santai, mau berlibur. Bagaimana bisa santai kalau keamanan terganggu,” katanya.

Menurut Made, upaya yang dilakukan pemerintah untuk mengembangkan pariwisata NTB sudah maksimal. Hanya saja, jika tak didukung oleh masyarakat maka akan sia-sia.

“Pemerintah sudah bagus, tinggal masyarakatnya sekarang, kita lebih bagus dari Bali kok, hanya masyarakat kita yang harus lebih siap,” kata politisi PDIP ini.

Politisi asal kota Mataram ini menyatakan, ketika upaya pemerintah dalam memajukan pariwisata NTB diimbangi dengan partisipasi masyarakat, bukan tidak mungkin NTB akan menjadi salah satu destinasi wisata terbaik sehingga memberikan manfaat besar bagi perekonomian daerah.

Made memberikan contoh bagaimana tiga gili di kabupaten Lombok Utara bisa begitu ramai dikunjungi para turis domestik dan mancanegara. Menurutnya hal itu disebabkan oleh masyarakat pelaku pariwisata yang ada di tiga gili tersebut sangat terbuka dalam menyambut para tamu yang berlibur ke sana.

  Golkar Masih Dominan, Ini Perolehan Caleg DPRD NTB Hasil Pemilu 2019

“Seandainya tempat-tempat lain bisa mencontoh Gili, padahal Gili tidak bagus-bagus amat, tapi ramai, karena masyarakatnya welcome. Kalau ada tindak kejahatan, dikejar sama mereka,” ujarnya.

Ke depannya, ia berharap ada upaya dari semua pemangku kepentingan di bidang pariwisata untuk lebih peduli pada sektor keamanan sebagai upaya membuat kondisi pariwisata yang aman dan nyaman bagi para wisatawan. Sehingga sektor pariwisata NTB bisa memberikan manfaat nyata untuk kemajuan perekonomian masyarakat. (ast)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here