KBM Tatap Muka 13 Juli di Kota Bima Dibatalkan

Syamsudin. (Suara NTB/Dok)

Kota Bima (Suara NTB) – Kegiatan Belajar Mengajar (KBM) tatap muka di Kota Bima yang direncanakan akan diuji coba 13 Juli 2020 kini dibatalkan. Pembatalan itu berdasarkan Surat Edaran (SE) Gubernur NTB, yang tidak memperkenankan belajar mengajar tatap muka di sekolah.

Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan (Dikbud) Kota Bima, Dr. H. Syamsudin, menjelaskan, dalam SE Gubernur Nomor 420/3320.UM/Dikbud Tahun 2020 tentang penyelenggaraan pembelajaran di seluruh satuan, pendidikan memperpanjang masa belajar mandiri di rumah hingga waktu yang tidak ditentukan.

Iklan

Ketentuan itu lanjutnya berlaku untuk seluruh daerah baik yang telah ditetapkan sebagai zona hijau, orange atau merah. Ia meminta, seluruh satuan Pendidikan telah menyiapkan modul pembelajaran untuk belajar mandiri di rumah bagi seluruh siswa.

“Bisa dilakukan dengan pola dalam jaringan atau daring. Tapi juga luar jaringan atau luring. Atau guru bisa berkreasi dengan pola lain,” katanya, Sabtu, 11 Juli 2020.

Meski begitu, Ia mengaku pihaknya akan intens melakukan evaluasi dan pengecekan terhadap pelaksanaan sekolah mandiri di rumah ini. Sehingga sekolah tidak boleh main-main dalam memberikan pembelajaran bagi siswa selama belajar mandiri diterapkan.

“Kita berharap pandemi ini segera berlalu agar aktivitas bisa sediakala,” harapnya.

Sebelumnya Syamsudin mengatakan proses KBM di sekolah formal akan mulai diaktifkan kembali, walaupun saat ini Kota Bima ada sejumlah warga yang terpapar Covid-19. “Tanggal 13 Juli, Sekolah sudah mulai aktif kembali. Jadwal ini sesuai yang dikeluarkan oleh Pemerintah Pusat melalui Kemendikbud,” katanya.

Lebih lanjut dikatakannya, berdasarkan jadwal tersebut, dimulainya KBM tatap muka pada 13 Juli berlaku bagi tingkat SMP. Sedangkan tingkat SD masuk 13 September kemudian PAUD atau TK bulan November.

  TNI AL Gagalkan Penyelundupan Rusa Hasil Buruan di Pulau Komodo

“Di mulai tingkat SMP. Selama tiga hari akan digelar Masa Pengenalan Lingkungan Sekolah (MPLS) sekaligus simulasi (uji coba) belajar tatap muka,” pungkasnya. (uki)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here