Kawasan The Mandalika Dilengkapi Unit SAR

Unit SAR yang siap siaga di kawasan The Mandalika. Adanya tim SAR ini akan memberi rasa aman pada wisatawan yang berkunjung ke objek wisata ini. (Suara NTB/ist)

Praya (Suara NTB) – PT. Pengembangan Pariwisata Indonesia atau Indonesia Toursim Development Corporatin (ITDC) terus melengkapai kawasan The Mandalika dengan berbagai fasilitas penunjang guna menyambut gelaran event MotoGP Mandalika tahun 2021 mendatang dan event-event pariwisata lainnya. Salah satunya fasilitas penunjang keselamatan berupa unit layanan Search and Rescue (SAR) yang disiapkan di kawasan Kuta Beach Park.

“Unit SAR ini merupakan hasil koordinasi kami bersama tim Basarnas secara intens yang merupakan upaya kami dalam memperkuat mitigasi bencana di kawasan The Mandalika memasuki fase new normal,” sebut Managing Director The Mandalika I Wayan Karioka, akhir pekan kemarin.

Iklan

Sebagai kawasan wisata bahari, keberadaan unit SAR ini dinilai sangat penting, karena akan sangat berguna ketika terjadi bencana atau kecelakaan di area laut.  Guna menunjang tugas-tugas SAR, unit layanan SAR kawasan The Mandalika tersebut dibekali berbagai fasilitas penunjang, mulai dari unit Jetski, All Terrain Vehicle (ATV) 6 roda yang akan mempermudah tim SAR dalam melakukan proses penyelamatan di area pantai dan sekitarnya apabila terjadi kecelakaan.

Selain itu, ada rubber boat, sepeda motor KLX, ring buoy hingga life jacket dan torpedo buo. Termasuk juga dolphin spinal board serta palbed. “Semua fasilitas itu kita persiapan demi menunjang kerja-kerja personil unit layanan SAR kawasan The Mandalika,” terangnya.

Lebih lanjut Karioka menjelaskan, kawasan The Mandalika akan segera dibuka untuk umum pascapandemi Covid-19 yang melanda Pulau Lombok beberapa waktu lalu. Dengan kehadiran unit layanan SAR tersebut wisatawan yang mengunjungi The Mandalika akan merasa lebih aman dan nyaman ketika berwisata di kawasan The Mandalika.

“Unit layanan SAR ini saat ini sudah mulai bertugas dan siap melayani para wisatawan yang datang dan berkunjung di kawasan The Mandalika,” tutup Karioka.  (kir)

  NTB Ajukan Formasi Guru Garis Depan

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here