Kawal Program Unggulan ‘’NTB Zero Waste’’ dan Industrialisasi

Penjabat Sekda NTB, H. Iswandi saat mengunjungi Dinas LHK NTB, Jumat, 21 Juni 2019 untuk memastikan dan mengawal pelaksanaan program unggulan NTB Zero Waste berjalan sesuai target yang ditetapkan. (Suara NTB/humasntb)

Mataram (Suara NTB) – Penjabat Sekda NTB, Ir. H. Iswandi, M. Si sejak beberapa hari terakhir aktif mendatangi Organisasi Perangkat Daerah (OPD) yang melaksanakan program unggulan NTB Zero Waste dan Industrialisasi. Iswandi mendatangi Dinas Lingkungan Hidup dan Kehutanan (LHK) dan Dinas Perindustrian yang melaksanakan dua program unggulan Pemprov NTB di bawah kepemimpinan Gubernur dan Wakil Gubernur NTB, Dr. H. Zulkieflimasyah, SE, M. Sc – Dr. Ir. Hj. Sitti Rohmi Djalilah, M. Pd tersebut.

Dikonfirmasi usai menghadiri rapat paripurna di Kantor DPRD NTB, Jumat, 21 Juni 2019 siang, Penjabat Sekda NTB, Ir. H. Iswandi, M.Si mengatakan, ia mendatangi OPD yang melaksanakan program unggulan untuk mendengar masukan dan mengetahui permasalahan yang dihadapi OPD dalam melaksanakan pogram. Selanjutnya difasilitasi agar pelaksanaan program-program unggulan tersebut lancar dan mencapai target.

Iklan

‘’Bagaimana dia supaya mencapai target, supaya bisa lebih cepat lagi. Alhamdulillah dua, tiga hari ini, saya sudah mengunjungi beberapa OPD,’’ kata Iswandi.

Pada Jumat, 21 Juni 2019, Iswandi mengikuti apel pagi sekaligus memberikan arahan terkait program Zero Waste bertempat di Kantor Dinas LHK NTB. Dikatakan, tujuan kunjungannya selain untuk kegiatan apel pagi, sekaligus bersilaturahmi dengan pegawai di Dinas LHK NTB.

‘’Saya ingin mengenal tugas-tugas bapak ibu sekalian agar tugas-tugas yang berat itu dapat ditunaikan dengan baik dengan dukungan semua pihak,” ujar Iswandi.

Kepala Badan Pengelolaan Pendapatan Daerah (Bappenda) NTB ini mengharapkan agar Dinas LHK harus bisa menjadi pelopor keberhasilan program Zero Waste yang menjadi salah satu program unggulan NTB Gemilang. Koordinasi serta komunikasi dengan Pemerintah Provinsi, dinas-dinas terkait dan masyarakat juga agar lebih ditingkatkan.

‘’Saya berharap dari sinilah semangat untuk mewujudkan keberhasilan Zero Waste itu dimulai,’’ katanya.

Iswandi berharap segala masalah lingkungan dan kehutanan di NTB agar segera di atasi secara bertahap. Selain mengunjungi Dinas LHK, sehari sebelumnya, Kamis (20/6), Iswandi juga berkesempatan mengunjungi serta mengevaluasi program dan  kegiatan yang ada di Dinas Perindustrian NTB.

Dinas Perindustrian NTB mempresentasikan program dan kegiatan yang ada di Dinas Perindustrian, dengan tujuan memberikan seluruh informasi  yang dibutuhkan Penjabat Sekda.  Setelah mendapatkan informasi yang dibutuhkan, Iswandi memberikan beberapa arahan.

Pertama, ia meminta seluruh ASN di Dinas Perindustrian harus memiliki semangat kerja yang tinggi. Karena misi dari Gubernur NTB  yang terbesar ada di industrialisasi.

Kedua, ia meminta sarjana industri dan  Pejabat Fungsional menjadi pioner untuk kemajuan industri di NTB. Kemudian, Dinas Perindustrian diminta melakukan mapping Industri Kecil Menengah (IKM).

Pada kesempatan tersebut, Iswandi juga menjanjikan anggaran untuk men-support kegiatan mendukung industrialisasi. Selain itu, ia menekankan industri smelter harus menjadi perhatian. Kemudian, sektor industri makanan juga perlu ditindaklanjuti.

‘’Saya akan sering mengujungi Dinas Perindustrian NTB untuk memantau penyelenggaraan kegiatan 2020,’’ katanya.

Ia juga mengingatkan empat hal yang harus menjadi tujuan Dinas Perindustrian. Pertama melindungi binaan yang ada. Jika melihat binaan mati usahanya dibina sampai hidup kembali.  Kedua melayani, yaitu apabila binaannya kurang berkualitas maka perlu dibantu untuk meningkatkan kualitasnya. Ketiga, melakukan pemberdayaan dan keempat mensejahterakan. ‘’Kita sebagai pemerintah tugas utamanya adalah mensejahterakan masyarakat,’’ tandasnya. (nas)