Kasus Positif Covid-19 Layanan HD RSUD Asy-Syifa Bertambah

Infografis perkembangan kasus Covid-19 KSB tanggal 1 Agustus 2020. (Suara NTB/ist)

Taliwang (Suara NTB) – Konfirmasi positif Covid-19 di bagian layanan hemodialisa – HD RSUS Asy Syifa Kabupaten Sumbawa Barat (KSB) bertambah. Sebelumnya, 2 petugas medis dan 1 orang pasien di layanan cuci darah itu telah terkonfirmasi. Kini tambahan 1 orang positif lagi dari pasien atas nama Ny. BWF, umur 65 tahun, warga Desa Seteluk Tengah, kecamatan Seteluk sesuai dengan rilis Pemerintah Provinsi NTB, 1 Agustus 2020.

“Benar. Ny. WBF itu pasien cuci darah di RSUD Asy Syifa juga,” terang Kalsum, tim data surveilance Covid-19 KSB kepada Suara NTB, Minggu, 2 Agustus 2020.

Iklan

Ia menjelaskan, Ny. WBF masih merupakan rentetan dari 3 kasus yang teridentifikasi sebelumnya di layanan Hemodialisa RSUD Asy Syifa. Bersangkutan adalah salah satu dari bebeberapa orang yang terdeteksi hasil penelusuran kontak erat pasca kasus pertama muncul. “Kan dia pasien HD jadi kita masukkan juga sebagai kontak erat dan kemudian dilakukan pengecekan lanjut (tes) sampai akhirnya dinyatakan positif,” sebutnya.

Direktur RSUD Asy Syifa KSB, dr. Carloff Sitompul sebelumnya menyatakan telah melakukan penelusuran kontak pasca terkonfirmasinya Ny. D yang diduga kuat sumber pertama Covid-19 di layanan HD rumah sakit yang dipimpinnya tersebut. Ny. D sendiri adalah warga Desa Lekong, Kecamatan Alas Barat, Kabupaten Sumbawa yang selama ini menjadi pasien rutin layanan HD RSUD Asy Syifa.

Dari hasil penelusuran kontak itu, pihak rumah sakit mengidentifikasi setidaknya 10 petugas. Terdiri dari 1 orang dokter dan 9 perawat fasilitas layanan HD serta beberapa orang pasien yang dirawat bersamaan Ny. D saat itu masuk daftar kontak erat.

Keseluruhan petugas dan pasien pun selanjutnya dilakukan karantina dan dilakukan tes PCR Swab. Dan hasilnya, pada tanggal 24 Juli lalu, 2 kasus pertama terkonfirmasi positif. Yakni terhadap Ny. HS yang tercatat sebagai petugas medis dan Ny. MBS salah seorang pasien layanan HD.

Berikutnya kasus ketiga, terkonfirmasi pada tanggal 30 Juli (berdasarkan rilis Pemprov NTB) atas nama Tn. N yang diketahui adalah petugas medis. Dan terakhir ini adalah Ny. WBF sendiri sehingga total kasus positif Covid-19 KSB yang muncul dari ruang layanan HD RSUD Asy Syifa sebanyak 4 orang.

Selain Ny. WBF yang terkonfirmasi positif berdasarkan rilis Pemprov NTB, 1 Agustus. Ada 1 tambahan kasus baru lagi di KSB, atas nama pasien Ny. YP, usia 42 tahun, warga Kelurahan Telaga Bertong, Kecamatan Taliwang. Bersangkutan sendiri teridentifikasi awal positif melalui kegiatan tes cepat (rapid test) yang dilaksanakan oleh Komisi Pemilihan Umum (KPU) KSB.

Dengan tambahan 2 pasien positif terbaru itu, hingga kini total kasus konfirmasi positif Covid-19 di KSB tercatat sebangak 21 kasus. Rinciannya 13 pasien dinyatakan sembuh, 7 pasien dalam perawatan (karantina) dan 1 orang meninggal dunia.(bug)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here