Kasus Perusakan Pagar Proyek ITDC, Polisi Sudah Kantongi Calon Tersangka

Praya (Suara NTB) – Polres Lombok Tengah (Loteng) saat ini telah menaikkan status penanganan kasus dugaan perusakan pagar proyek milik Indonesia Tourism Development Corporation (ITDC) di Kawasan Ekonomi Khusus (KEK) Mandalika dari penyelidikan ke tahap penyidikan. Kebijakan menaikkan status ini setelah aparat kepolisian menemukan setidaknya dua alat bukti kuat dalam kasus perusakan tersebut.

“Sudah naik tahap penyidikan,” tegas Kasat Reskrim Polres Loteng, AKP Rafles Girsang, SIK., kepada Suara NTB, Sabtu, 5 Mei 2018. Artinya, pihak kepolisian sudah indikasi kuat telah terjadi tindak pidana dalam kasus tersebut yang diperkuat dengan minimal dua alat bukti pendukung.

Iklan

Kalau sudah naik tahap penyidikan, itu artinya kemungkinan tersangka sudah ada. Hanya saja, pihaknya belum bisa menetapkan tersangkanya, karena masih menunggu kelengkapan bahan serta alat bukti pendukung lainnya. “Target kita, paling lambat minggu depan sudah ada tersangka yang ditetapkan dalam kasus ini,” imbuh Rafles.

Soal berapa tersangkanya, Rafles menegaskan nanti tergantung hasil gelar perkara oleh penyidik Polres Loteng. Yang jelas, penangangan kasus tersebut sudah menunjukkan progres berarti dengan dinaikkannya status penanganannya perkara tersebut ke tahap penyidikan.

Lebih jauh, ia menjelaskan, sejauh ini pihaknya sudah memeriksa tidak kurang dari 12 saksi, baik itu saksi dari masyarakat serta dari pihak ITDC sendiri. Adapun pihaknya Minarni selaku pengklaim lahan yang saat kejadian berada di lokasi kejadian sampai saat ini belum juga datang memenuhi panggilan kepolisian.

“Yang bersangkutan (Minarni,red) sebelumnya sudah kita panggil sebagai saksi. Tetapi ternyata tidak kooperatif dengan tidak datang memenuhi panggilan pertama kita. Tapi kasusnya tetap naik ke tahap penyidikan,” ujarnya.

Sebelumnya diberitakan, pada Sabtu (14/4) lalu, pagar proyek milik ITDC di kawasan Pantai Seneq Kuta, diduga dirusak warga. Akibatnya, pagar proyek di lokasi eks bangunan hotel Lombok Baru Kuta rusak. perusakan pagar proyek milik ITDC terjadi sebanyak dua kali. (kir)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here