Kasus Penghinaan Bupati Bima Dialihkan Ke Polda

Bima (Suara NTB) – Kasus penghinaan pada sosial media (sosmed) yang diadukan oleh Bupati Bima, Hj. Indah Dhamayanti Putri di Polres Bima belum lama ini, telah dialihkan ke Mapolda NTB.

Kapolres Bima, AKBP M. Eka Fathurahman, SH, S.IK, kepada Suara NTB, Senin, 20 Maret 2017 menjelaskan, pengalihan dugaan penghinaan tersebut ke Polda NTB, agar penanganannya lebih profesional sesuai prosedur yang berlaku.

Iklan

“Kita ingin kasus ini bisa diselesaikan dengan cepat dan tepat,” katanya.

Menurut dia, aduan Bupati terhadap penghinaan dirinya oleh oknum warga Kabupaten Bima telah memenuhi unsur pidana. Setelah pihaknya meminta keterangan dan petunjuk dari ahli IT.

“Awalnya kan hanya berupa aduan, setelah kami menindaklanjutinya rupanya memenuhi unsur pidana,” ujarnya.

Hanya saja, penanganan kasus tersebut masih ada kendala. Karena menurut Kapolres pihak pengadu belum melaporkan secara resmi setelah pihaknya memberikan klarifikasi bahwa penghinaan itu memenuhi unsur pidana.

“Sekarang belum bisa diproses karena belum dilaporkan secara resmi,” terangnya.

Dia menjelaskan, pengadu bisa melaporkan resmi kepada Polres Bima Kota atau Kabupaten. Meski kasusnya telah dialihkan sehingga bisa ditangani khusus oleh tim ke Polda NTB.

“Lagipula locus delicti-nya belum diketahui. Apakah di wilayah hukum Polres Bima Kota atau Kabupaten. Akan diketahui setelah dilaporkan secara resmi,” ujarnya.

Dia menegaskan kasus tersebut, akan tetap diprioritas oleh pihaknya. Mengingat kasus dugaan penghinaan nama baik lewat sosmed tersebut baru pertama kali diadukan oleh masyarakat yang juga seorang Kepala Daerah.

“Prinsipnya kasus ini akan kita selesaikan dan proses sesuai aturan berlaku,” pungkasnya. (uki)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here