Kasus Muslim Rohingya, Politisi PPP Minta Indonesia Tegas terhadap Myanmar

Mataram (suarantb.com) – Politisi PPP NTB, TGH. Hazmi Hamzar meminta pemerintah Indonesia untuk bertindak tegas terhadap pemerintah Myanmar terkait kasus kekerasan terhadap muslim yang ada di Rohingya.

Hazmi menyatakan jika kejadian yang menimpa muslim Rohingya tersebut sebagai suatu kejahatan kemanusiaan. Dan Indonesia sebagai salah satu negara yang memiliki pengaruh besar di kawasan Asia Tenggara diharapkan memberikan reaksi keras mengecam pemerintah Myanmar.

Iklan

“Pemerintah Indonesia harus bersikap keras pada Myanmar,” ujar Hazmi, Selasa, 29 November 2016 di kantor DPRD NTB.

Hazmi menilai penindasan umat muslim yang ada di Myanmar saat ini sebagai tindakan keji dari sebuah bangsa beradab. Terutama di zaman modern, di mana kebebasan memeluk dan menjalankan agama harus dijunjung tinggi sebagai bagian dari Hak Asasi Manusia (HAM).

“Ada yang ditembaki di tengah laut. Rumahnya dibakar. Kita tidak boleh diam ini,” katanya.

Politisi senior PPP NTB ini mengatakan, Myanmar telah memperlihatkan diri kepada masyarakat dunia sebagai negara yang anti terhadap perbedaan. Bagaimanapun juga masyarakat Rohingya yang beragama Islam sejatinya diberikan kebebasan dalam menjalankan agamanya. Dan hal ini tidak terjadi di Myanmar.

Selanjutnya, Hazmi juga mengkhawatirkan dampak dari sikap Myanmar yang terus melakukan agresi terhadap masyarakat Rohingya itu dapat menimbulkan kemarahan masyarakat muslim di Indonesia.

Oleh karena itu, ia meminta kepada pemerintah Indonesia agar mengecam pemerintah Myanmar atas tindakannya. Dan dengan tegas meminta Myanmar agar segera menghentikan agresi militer terhadap masyarakat muslim Rohingya. “Pemerintah kita harus bersikap tegas,” pintanya.

Hal yang sama juga ditujukan Hazmi kepada Pemprov  NTB. Selaku legislator ia mengharapkan sikap tegas Pemprov NTB sebagai bagian dari sikap solidaritas kemanusiaan. Bagaimanapun juga NTB sebagai basis masa Islam yang cukup besar harus menunjukkan toleransi tersebut. Karena Islam sejati wajib menjunjung tinggi harkat dan martabat kemanusiaan. (ast)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here