Kasus Meningkat 300 Persen, Lobar Kembali Zona Merah Covid-19

Penyekatan di Lobar diperketat untuk mengantisipasi lonjakan kasus Covid-19. (Suara NTB/ ist)

Giri Menang (Suara NTB) – Jumlah kasus covid-19 di Kabupaten Lombok Barat (Lobar) dalam waktu sebulan terakhir melonjak hingga 300 persen. Dimana kasus aktif bulan lalu sekitar 83, namun naik menjadi 390 pada bulan ini. Lonjakan inipun mengakibatkan Lobar kembali masuk zona merah covid-19. Kondisi ini menyebabkan Pemda terus memperkuat Tracing, Tracer dan vaksinasi. Selain itu, Pemda meminta semua desa untuk memaksimalkan tempat isolasi mandiri (isoman) di desa-desa.

Sekda Lobar Dr. H. Baehaqi mengatakan Lobar kembali ke zona merah Covid-19, karena lonjakan kasus yang tinggi Dijelaskannya,berdasarkan data angka kasus Covid-19, terdapat 2.234 kasus positif, 355 orang masih isolasi. Jumlah kesembuhan 1.771 orang dengan kematian 108 Kasus. Penyebab meningkatnya kasus Covid-19 ini akan dievaluasi. Termasuk menyangkut data di Dikes.

Iklan

Untuk penanganan sendiri, pihaknya terus menggenjot upaya penerapan PPKM skala mikro melibatkan semua pihak, termasuk tim kecamatan. Pihaknya juga terus melakukan evaluasi terhadap PPKM ini. Soal anggaran PPKM belum cair di desa, hal ini termasuk bahan evaluasi. Penerapan PPKM ini sudah jauh-jauh hari sudah dilakukan, bahkan penyekatan seperti PPKM Darurat di Kota Mataram. Akan tetapi karena antara Mataram dan Lobar sifatnya terbuka, di mana warga Lobar banyak bekerja di kota, begitupula warga kota banyak bekerja di Lobar.

Tingginya angka kasus ASN yang terpapar Covid-19, karena banyak ASN Lobar tinggal di Kota Mataram. Hal ini memicu penularan Covid-19. Dari berbagai lini juga, Pemda telah melakukan berbagai langkah antisipasi,seperti menyiapkan rumah sakit darurat. Tempat isolasi mandiri,menambah tempat tidur pasien Covid-19. “Disini juga perlu partispasi masyarakat,”ujarnya.

Untuk vaksinasi dari melampaui target per hari. Kondisi saat ini dosis vaksin masih kekurangan. (her)

AdvertisementJasa Pembuatan Website Profesional