Kasus Melandai, Keterisian Tempat Tidur Hanya 5,45 Persen

Ilustrasi Pasien Positif Covid-19. (Sumber : Pharma Times)

Taliwang (Suara NTB) – Pemkab Sumbawa Barat, mencatat jumlah pasien yang dirawat di dirumah sakit tersisa 17 orang atau sekitar 5,45 persen dari total bed occupancy rate (BOR) yang disiapkan sebanyak 55 unit. Penurunan angka tersebut merupakan kerja bersama pemerintah, TNI dan Polri dalam upaya menekan angka penyebaran virus yang pertama kali merebak di kota Wuhan, China itu.

“Kami sangat bersyukur kasus Covid-19 saat ini sudah berhasil ditekan dari kondisi sebelumnya di angka 26 orang pasien yang dirawat di rumah sakit,” ungkap Sekretaris Daerah (Sekda), Amar Nurmansyah, ST., M. Si kepada Suara NTB, Rabu, 11 Agustus 2021. Kendati demikian, dirinya mengaku khawatir karena tingkat kedisiplinan masyarakat dalam mematuhi protokol kesehatan semakin rendah sejak beberapa hari terakhir.

Iklan

Meski jumlah pasien yang dirawat cenderung menurun, tetapi langkah strategis untuk menekan terjadinya hal yang tidak diinginkan tetap dilakukan. Salah satunya dengan menyiapkan tabung oksigen dan kebutuhan mendesak lainnnya. Bahkan saat ini tabung oksigen yang tersedia mencapai 17 tabung oksigen ukuran besar dan 10 ukuran kecil, termasuk mengoptimalkan keberadaan generator oksigen.  “Kalau untuk kebutuhan oksigen kita sangat aman, karena generator oksigen yang kita miliki mampu menghasilkan hingga 50 tabung perhari belum lagi tabung oksigen kita masih tersedia,” sebutnya.

Kendati demikian, dirinya menghimbau masyarakat untuk tetap mematuhi protokol kesehatan, pihaknya juga terus menyiapkan opsi untuk kembali menambah tempat tidur pasien khusus Covid-19. Apalagi saat ini tingkat kedisiplinan masyarakat mematuhi protokol kesehatan sangat rendah terutama dalam menjaga jarak dan menggunakan masker. Pemerintah, TNI dan Polri juga tetap akan semakin maksimal melakukan operasi yustisi dalam upaya menertibkan masyarakat. Sehingga kasus yang saat ini turun, bisa terus ditekan. “Kami tetap mengajak masyarakat untuk sama-sama mematuhi protokol kesehatan sehingga kasus Covid-19 bisa terus ditekan,” tandasnya. (ils)

Advertisement Jasa Pembuatan Website Profesional