Kasus Dugaan Pungli di Sumbawa Masih Didalami

Sumbawa Besar (Suara NTB)-Beberapa laporan mengenai dugaan pungutan liar (pungli) sudah diterima Satgar Saber Pungli Sumbawa, baik laporan resmi maupun laporan via pesan singkat elektonik (sms). Laporan tersebut tengah didalami untuk ditindaklanjuti.

“Laporan ada yang sms, ada juga yang resmi sekitar tiga laporan. Laporannya di beberapa kecamatan dan juga instansi. Sekarang sedang kami dalami,” kata Ketua Pelaksana Satgas Saber Pungli Sumbawa, Kompol Yuyan Priatmaja, S.IK kepada wartawan, Sabtu, 18 Februari 2017.

Iklan

Menurutnya, terhadap laporan, pihaknya akan memberikan peringatan terhadap pihak terkait. Namun apabila sudah diperingatkan, tetapi jika tertangkap tangan, maka akan langsung ditindak.

Mengenai tim saber pungli, kata Waka, sudah dilakukan publikasi. Untuk itu, apakah dugaan pungli dilaporkan ke kepolisian ataupun kejaksaan intinya sama, karena muaranya nanti ke Satgas Saber pungli juga. Mengingat dalam tim sudah lengkap, mulai dari Kepolisian, Kejaksaan, hingga Inspektorat. Bahkan dalam tim juga ada tim pengawas proyek pembangunan.

“Kita juga tim pengawas proyek pembangunan juga ada timnya,” ujarnya.

Dijelaskannya, laporan dugaan pungli memang banyak yang masuk ke pihaknya. Di antaranya di bidang pelayanan di instansi tertentu. Bahkan ada juga dari kantor pemerintahan tingkat desa. Termasuk mengenai pengurusan surat-surat. Namun terkadang masyarakat tidak bisa memilah antara pungli dan korupsi. Namun setelah dipilah, banyak pengaduan berkaitan dengan korupsi. Makanya pihaknya mendalami terlebih dahulu setiap laporan yang masuk.

Pihaknya juga tetap akan memberikan pemahaman kepada masyarakat terkait hal-hal yang termasuk pungli. Dimana pungutan bisa dilakukan jika sesuai dengan aturan. Namun jika ada pungutan tetapi tidak ada aturan yang mengatur, maka itulah yang termasuk pungli. (ind)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here