Kasus DD/ADD Sesait 2019, Jaksa Siapkan Ekspose Penetapan Tersangka

I Wayan Suryawan. (Suara NTB/dok)

Mataram (Suara NTB) – Kejari Mataram melanjutkan Kasus DD/ADD Sesait, Kayangan, Lombok Utara tahun 2019. Penghitungan kerugian negara bakal segera rampung. Bukti kerugian negara yang menjadi bekal penetapan tersangkanya.

“Sebentar lagi selesai. Tunggu saja,” ungkap Kasi Pidsus Kejari Mataram I Wayan Suryawan ditemui akhir pekan lalu.

Iklan

Desa Sesait pada tahun 2019 mendapat alokasi DD sebesar Rp2,45 miliar, ADD sebesar Rp1,433 miliar, dan mengelola dana Bagi Hasil Pajak dan Retribusi Daerah (BHPRD) sebesar Rp235,15 juta.

Dia menyebutkan, tim auditor sudah turun untuk mengecek fisik proyek Desa Sesait yang dibiayai DD/ADD tahun 2019. Namun, pihaknya masih menunggu hasil perhitungannya.

Dalam kasus ini sebelumnya sudah ada temuan Inspektorat KLU dari pembangunan arena pertarungan pepadu Widen ini dibangun dengan anggaran Rp640 juta. Namun, tiga hari selesai dibangun, bangunan itu ambruk.

Bangunan ini tetap tidak dapat difungsikan meski sudah diperbaiki. Dari hasil cek fisik, ditemukan bahwa Bangunan itu berdiri di atas bekas kali mati dengan kondisi tanah yang labil. Pondasi bangunan dangkal dan menggantung sehingga tergerus erosi.

Kemudian dari proyek pembukaan jalan baru Rp50 juta, dan pengadaan bibit tanaman perkebunan Rp10 juta, sisanya dari proyek fisik lainnya. “Nanti kalau sudah ada hasil auditnya, kita siapkan ekspose-nya (penetapan tersangka),” tandas Wayan. (why)

Advertisementfiling laporan pajak Jasa Pembuatan Website Profesional