Kasus Dana BOS SDN 19 Cakranegara, Riwayat Transaksi Rekening Tersangka Ditelusuri

Kadek Adi Budi Astawa. (Suara NTB/dok)

Mataram (Suara NTB) – Rekening tersangka kasus dana BOS SDN 19 Cakranegara inisial HL (53) ditelusuri. Pelacakan ini sebagai bagian dari upaya melengkapi berkas merujuk petunjuk jaksa peneliti. Penelusuran ini juga sebagai syarat berkas dinyatakan lengkap agar segera dapat diajukan ke persidangan.

Kasatreskrim Polresta Mataram Kompol Kadek Adi Budi Astawa menjelaskan, penelusuran ini masih sebatas mengenai riwayat transaksi perbankan melalui rekening. “Data itu berupa salinan rekening tabungan. Sudah kita dapat dan kita lengkapi berkasnya,” kata dia, Selasa, 5 Oktober 2021.

Iklan

Dia menambahkan, penelusuran riwayat transaksi perbankan ini berdasarkan petunjuk P-19 jaksa peneliti. Sebelumnya berkas tersangka dikembalikan. Salinan rekening tabungan ini merupakan syarat akhir untuk berkas dinyatakan lengkap.

“Berkas sudah kita limpahkan lagi ke jaksa. Apabila nanti dinyatakan lengkap maka akan segera kita agendakan pelimpahan tersangka dan barang buktinya,” imbuh Kadek Adi.

Dalam kasus ini, Mantan Kepala SDN 19 Cakranegara berinisial HL ditetapkan sebagai tersangka dugaan korupsi pengelolaan dana BOS tahun 2015-2017. Modus korupsinya diduga dengan memanipulasi laporan pertanggungjawaban sehingga tidak sesuai dengan realisasinya. pertanggungjawaban direkayasa dengan transaksi fiktif, dan penggelembungan harga item barang.

Tersangka dikenai pasal 2 dan atau pasal 3 UU RI No20/2001 tentang perubahan atas UU RI No31/1999 tentang Pemberantasan Tipikor juncto pasal 64 KUHP. Dugaan korupsi dana BOS mengakibatkan kerugian negara sebesar Rp844.122.381.

Tersangka HL diduga menyalahgunakan kewenangannya dalam pengelolaan dana BOS sepanjang tahun 2015 sampai 2017. Hasil audit BPKP Perwakilan NTB menyebutkan kerugian negara yang timbul mencapai Rp844,122 juta. Total anggaran yang dikelola SDN 19 Cakranegara sepanjang tiga tahun tersebut mencapai Rp1,6 miliar. (why)

AdvertisementJasa Pembuatan Website Profesional