Kasus Covid-19 di Lotim Meningkat, Pembelajaran Tatap Muka di Sekolah Ditunda Dua Pekan

Ahmad Dewanto Hadi

Selong (Suara NTB) – Rencana kegiatan belajar mengajar (KBM) secara tatap muka di sekolah yang rencana dibuka Pemkab Lombok Timur (Lotim) tanggal 8 Agustus mendatang ditunda selama dua pekan ke depan. Kondisi ini dikarenakan jumlah kasus terkonfirmasi positif Covid-19 di daerah ini terus mengalami peningkatan.

Dikonfirmasi Suara NTB, Rabu, 5 Agustus 2020, Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan (Dikbud) Lotim, Ahmad Dewanto Hadi, mengaku jika dirinya sudah menghadap ke bupati terkait jadwal masuk sekolah di Lotim. Disepakati untuk dilakukan perpanjangan hingga dua pekan ke depan dengan mengacu pada SE menteri, gubernur dan jumlah kasus Covid-19 yang terus mengalami peningkatan.

Iklan

Surat edaran untuk penundaan selama dua pekan KBM tatap muka di sekolah, kata mantan Kepala Bappeda Lotim ini direncanakan diedarkan, Kamis hari ini. Untuk itu, kepada pihak sekolah diminta untuk memahaminya serta mensosialisasikannya kepada masyarakat.

 Terpisah, Sekretaris Daerah (Sekda) Lotim, Drs. H. M. Juaini Taofik,MAP, dikonfirmasi di ruang kerjanya, mengatakan penundaan inipun belum dapat dipastikan menyusul jumlah kasus Covid-19 khususnya di Lotim masih terjadi, bahkan meningkat. Menurut Sekda, alasan bupati menyampaikan untuk membuka KBM tatap muka per tanggal 8 Agustus pekan depan tersebut untuk dengan maksud memberikan motivasi kepada masyarakat khususnya dunia pendidikan. Artinya, virus Corona dapat dilawan dan dikalahkan ketika masyarakat sadar dan menerapkan protokol kesehatan, sehingga penanganan kasus dapat lebih cepat.

Diberitakan sebelumnya, Bupati Lombok Timur (Lotim), Drs. H. M. Sukiman Azmy.,MM menegaskan akan membuka kembali kegiatan belajar mengajar (KBM) di sekolah per tanggal 8 Agustus mendatang. Meskipun masih berisiko terjadinya penyebaran Covid-19. Namun kebijakan yang diambil ini untuk memberikan kepastian kepada masyarakat dalam mengenyam dunia pendidikan.

Berdasarkan grafik perkembangan penyebaran kasus Covid-19 di Lotim, jumlah terkonfirmasi positif pertanggal 5 Agustus 2020 sebanyak 199 orang, sembuh 136 orang, masih positif 52 orang dan meninggal dunia bertambah menjadi 11 orang. (yon)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here