Kasus Alsintan Lombok Timur 2018, Penyaluran Diduga Langgar Aturan

Wasita Triantara. (Suara NTB/why)

Mataram (Suara NTB) – Kejari Lombok Timur mendalami modus korupsi dalam proyek pengadaan bantuan alat dan mesin pertanian Lombok Timur 2018. Penyaluran lima jenis Alsintan ini diduga menyalahi aturan. Kelompok tani diduga mendapatkan Alsintan yang tidak sesuai.

Kasi Pidsus Kejari Lombok Timur Wasita Triantara mengatakan, modus korupsi ini setelah dilakukan pemeriksaan saksi dan dokumen. Penyaluran Alsintan memilik petunjuk teknis dan petunjuk pelaksanaan yang ditentukan Ditjen Prasarana dan Sarana Pertanian Kementan RI.

Iklan

“Dinas di kabupaten tidak pernah mengusulkan kelompok tani penerima bantuan. Mereka menentukan sendiri kelompok tani penerimanya,” jelasnya saat ditemui di Mataram, Senin, 18 Januari 2021.

Wasita mengatakan, bantuan ini diperuntukka bagi kelompok tani dan Unit Pengelola Jasa Alsintan (UPJA). Item Alsintan yang disalurkan diantaranya, rice transplanter, sprayer, pompa air, traktor roda empat, dan traktor roda dua. “Penerima bantuannya 21 kelompok tani dan tiga UPJA,” sebutnya.

Tim jaksa penyidik, sambung dia, menemukan indikasi penyaluran Alsintan ini tidak sesuai dengan Juklak dan Juknis. Contohnya, kelompok tani menerima jumlah lebih dari satu unit dari item jenis yang sama. Padahal masing-masing hanya bisa menerima satu item per satu jenisnya.

“Ada kelompok tani yang menerima dua traktor, tetapi tidak mengambil pompa air. Kalau seperti itu kan tidak sesuai Juklak dan Juknis. Satu item ada yang dobel,” paparnya.

Sedang ditelusuri juga mengenai item Alsintan yang sudah tidak dalam penguasaan kelompok tani penerima bantuan. Indikasinya dialihkan kepemilikan dengan cara dijual. “Masih didalami,” tandas Wasita.

Lombok Timur menerima bantuan Alsintan senilai Rp2 miliar pada tahun 2018. Penyediaan Alsintan ini melalui sistem e-katalog. Sumber anggarannya dari Ditjen PSP Kementan RI. Bantuan Alsintan ini didasarkan pada SK Calon Petani Calon Lahan (CPCL) yang ditetapkan Kepala Dinas Pertanian Provinsi/Kabupaten/Kota. (why)

Advertisementfiling laporan pajak Jasa Pembuatan Website Profesional