KASAL Resmi Buka Multilateral Naval Exercise Komodo 2018 di Lombok

Mataram (Suara NTB) – Multilateral Naval Exercise Komodo 2018 di Lombok, NTB resmi dibuka  Sabtu, 5 Mei 2018 pagi. Kepala Staf TNI Angkatan Laut (KSAL), Laksamana TNI Ade Supandi memimpin upacara pembukaan didampingi KSAL negara-negara peserta, dan Gubernur NTB, Dr TGH M Zainul Majdi.

Iklan

Ade menjelaskan, MNEK 2018 adalah kegiatan untuk menguatkan kerjasaman antarnegara untuk menangani bencana dan bantuan kemanusiaan.

Atraksi penerjun payung dari Kopaska dan Yontaifib TNI AL memeriahkan pembukaan MNEK 2018, Sabtu, 5 Mei 2018 di Pelabuhan Lembar, Lombok barat.

“Latihan ini menegaskan bahwa keselamatan adalah utama. Kerjasama dan kebersamaan di dalam latihan ini menguatkan  antarnegara dalam melaksanakan bantuan kemanusiaan dan menanggulangi bencana,” ujarnya.

Dalam upacara pembukaan tersebut, para negara peserta menandatangani prasasti MNEK 2018, plakat transplantasi terumbu karang, serta prasasti monumen maritim.

Upacara pembukaan juga dimeriahkan atraksi terjun payung 17 peterjun dari Komando Pasukan Katak (Kopaska) TNI AL dan Batalyon Intai Amfibi (Yontaifib) Marinir, serta atraksi udara pesawat latih Bonanza G-36  Skuadron 200 Puspenerbal.

Atraksi kapal Bonanza G36 dari Puspenerbal  saat pembukaan MNEK 2018 di Lembar Lombok Barat

KASAL bersama Gubernur NTB, TGH M Zainul Majdi dan Menkominfo RI Rudiantara kemudian melanjutkan rangkaian upacara pembukaan dengan inspeksi armada di perairan Selat Lombok.

MNEK 2018 dipusatkan di Lombok, NTB dan Nusa Penida, Bali pada 4-9 Mei. MNEK merupakan kegiatan dwi tahunan latihan bersama angkatan laut berbagai negara.

Sebanyak 36 negara mengikuti MNEK dengan pengerahan 15 kapal serta 36 kapal perang TNI AL, 11 pesawat angkut dan tempur, serta lebih kurang diikuti 5.500 prajurit. (why)