Karnaval BBLS, Kontingen Lotim Pukau Penonton

Mataram (Suara NTB) – Pembukaan Bulan Budaya Lombok Sumbawa (BBLS) berlangsung semarak. Iring-iringan peserta karnaval BBLS dari setiap daerah di NTB menampilkan sejumlah atraksi kesenian asli daerahnya. Namun ada yang menarik pada peserta karnaval dari Kabupaten Lombok Timur. Sejumlah anak dengan lihai menari sambil memainkan musik Gendang Beleq yang menjadi kesenian asli suku Sasak.

Terlihat sejumlah anak yang berasal dari SDN 2 Rarang, Lombok Timur dengan sangat apik memainkan alat musik dan sesekali memainkan jemarinya. Dengan senyum di wajah masing-masing anak tersebut yang semakin memukau penonton yang hadir di sepanjang Jalan Pejanggik sore kamarin.

Iklan

Salah seorang penonton, Rudi Faisal mengaku sangat menyukai pertunjukan yang dimainkan oleh anak-anak tersebut. Terlihat mereka sudah terlatih dan sangat menikmati pertunjukannya. Bahkan Rudi tidak henti-hentinya mengambil gambar dan mengambil video untuk mengabadikan pertunjukan tersebut.

“Sumpah ini keren banget (bagus sekali). Anak-anak ini benar-benar memaukau saya, saya salut sama mereka yang dari kecil sudah mencintai budayanya. Ini pemandangan yang langka,” ujarnya kepada Suara NTB pada saat pembukaan BBLS, di Mataram, Kamis (18/8) kemarin.

Anak-anak tersebut bukan hanya memainkan musik yang dibawanya, namun juga menari laiknya penari profesional. Dengan percaya diri mereka mengayunkan jarinya dan saling berhadapan dengan penari lainnya. Pemadangan ini sontak membuat penonton tepuk tangan yang sangat meriah.

“Masyarakat atau sekolah lain bisa menjadikan ini sebagai contoh. Bahwa penting bagi anak-anak untuk ditanamkan rasa cinta terhadap budayanya. Kita bisa lihat tadi, mereka sangat percaya diri dan dengan bangga menampilkan budayanya,” kata Rudi.

Anak-anak tersebut semakin percaya diri karena mereka berkesempatan menunjukkan bakatnya di hadapan Wakil Gubernur NTB. Bukan hanya itu saja, mereka juga memberikan kesadaran kepada masyarakat bahwa budaya dan kesenian itu harus dilestarikan. Terlebih itu juga sekaligus menjadi hiburan yang menarik untuk semua penonton yang menyaksikan. Terlihat banyak orang yang ingin mengabadikan moment tersebut dan memberikan tanda apresiasinya terhadap puluhan anak SDN 2 Rarang tersebut.

Karnaval BBLS kali ini juga menghadirkan sejumlah atraksi kesenian dari semua daerah yang ada di NTB. Sehingga semua potensi budaya yang dimiliki NTB dapat terlihat dan disakikan langsung oleh masyarakat NTB. (lin)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here