Kapten Anumerta Dirman Dimakamkan, Keluarga Ikhlas dan Tabah

Prosesi pemakaman Kapten Anumerta Dirman, satu dari empat prajurit TNI AD yang gugur ditembak Kelompok Kriminal Bersenjata (KKB) di Kabupaten Maybrat Papua Barat, belum lama ini, di Desa Mandala Kecamatan Wera Kabupaten Bima, Sabtu, 4 September 2021.(Suara NTB/Uki)

Bima (Suara NTB) – Kapten Anumerta Dirman, satu dari empat prajurit TNI AD yang gugur ditembak Kelompok Kriminal Bersenjata (KKB) di Kabupaten Maybrat Papua Barat, belum lama ini, dimakamkan di Desa Mandala Kecamatan Wera Kabupaten Bima, Sabtu, 4 September 2021.

Prosesi pemakaman diawali dengan upacara militer yang dipimpin langsung Danrem 162/WB NTB, Brigjen Ahmad Rizal Ramdani S.,Sos tersebut diiringi isak tangis keluarga, kerabat hingga warga setempat.

Iklan

Bahkan saat jenazah Kapten Dirman tiba di kampung halamannya itu, pihak keluarga dan warga yang menyambut tidak bisa menyembunyikan rasa sedih. Tangisan histeris pecah seketika.

Jenazah Kapten Dirman diberangkatkan dari Papua dengan menggunakan pesawat wings air IW1869K dan tiba di Bandara Sultan Muhammad Salahuddin Bima, Sabtu, 4 September 2021 sekira pukul 09.10 wita.

Jenazahnya dijemput secara militer. Penjemputan jenazahnya turut dihadiri Bupati Bima, Hj Indah Dhamayanti Putri SE, Dandim 1608 Bima, Kapolres Bima dan  Forkopimda Kabupaten Bima.

Setelah itu, jenazah kemudian di bawa menuju kediaman orangtuanya. Beberapa jam disemayamkan di rumah duka, jenazah Kapten Dirman disholatkan di Masjid Al-Muhajirin Desa setempat dan dimakamkan dengan upacara militer.

Danrem NTB, Ahmad Rizal Ramdani, mengatakan prosesi pemakaman upacara militer merupakan wujud penghormatan kepada para pahlawan anggota TNI yang telah mengabdikan dirinya kepada bangsa dan negara.

“TNI khususnya TNI AD merasa kehilangan sosok almarhum Kapten Anumerta Dirman,” katanya usai memimpin pemakaman militer Kapten Dirman.

Mewakili Kepala Satuan Angkatan Darat (KSAD), Danrem menyampaikan rasa duka cita dan belasungkawa yang sangat mendalam atas peristiwa meninggalnya almarhum. “Semoga amal jariyah menjadi ladang di akhirat atas jasa-jasa dan perbuatan almarhum selama ini,” ujarnya.

Ia meminta seluruh keluarga yang ditinggalkan agar mengikhlaskan kepergian almarhum. Serta sabar dan tabah menghadapi cobaan, karena kejadian yang meninpa almarhum sudah menjadi takdir dan kehendak Sang Pencipta. “Selamat jalan pahlawan negara. Semoga amal ibadahnya diterima Allah SWT dan mendapatkan tempat terbaik di sisi Tuhan Yang Maha Kuasa,” ujarnya.

Di tempat yang sama, perwakilan Keluarga Kapten Anumerta Dirman, Suriansyah S. Pd menyampaikan terimakasih kepada Danrem 162/WB beserta jajaran TNI yang telah hadir mengantarkan almarhum ke tempat peristirahatan terakhir.

Selain itu, Ia juga menyampaikan permohonan maaf yang sedalam-dalamnya kepada semua pihak. Karena sebagai manusia yang penuh khilaf dan salah, almarhum tentu pernah melakukan kesalahan, baik saat melaksanakan tugas kedinasan, maupun kesehariannya. “Insya Allah, mewakili pihak keluarga, kami ikhlas dan tabah atas kepergian almarhum. Moga amal perbuatannya diterima oleh Allah SWT,” harapnya. (uki)

AdvertisementJasa Pembuatan Website Profesional