Kapolres Mataram akan Jadi Khatib Tiap Jumat

Mataram (Suara NTB) – Kapolres Mataram, AKBP Muhammad, S.IK berencana akan berkeliling ke masjid-masjid tiap Jumat untuk menjadi khatib salat Jumat. Hal ini merupakan agenda rutin yang dilakukan tiap pekan saat masih menjabat sebagai Kapolres Sumbawa.

“Saya berupaya tiap hari Jumat melaksanakan khotbah. Langsung menjadi khatib di salat Jumat,” jelasnya, Kamis, 16 Maret 2017. Seperti diketahui, Muhammad baru dua hari menjabat sebagai Kapolres Mataram.

Iklan

Langsung menyampaikan berbagai pesan dan imbauan melalui khotbah pada jamaah salat Jumat menurutnya cukup efektif. Pihaknya juga tak perlu repot mengumpulkan warga karena pada hari Jumat warga dengan sendirinya akan berbondong-bondong datang ke masjid.

“Yang namanya mengumpulkan masyarakat tentu sulit kalau hanya secara langsung,” ujarnya. Karena masyarakat memiliki berbagai kesibukan dan pekerjaan masing-masing sehingga sulit dikumpulkan.

“Yang petani, yang nelayan, kan sebenarnya sulit itu (dikumpulkan). Tapi dengan mengikuti salat Jumat, kalau sudah Allahuakbar Allahuakbar (azan) minimal yang ndak pernah salat lima waktu pun pasti salat Jumat. Pasti datang berbondong-bondong ke masjid,” jelasnya.

Jamaah salat Jumat yang minimal 40 orang menurutnya jumlah yang cukup. Apalagi di masjid besar, jamaahnya bisa mencapai ratusan orang sehingga dirasa efektif untuk menyampaikan berbagai pesan melalui khotbah.

“Pengalaman di Sumbawa seperti itu. Apalagi di sini kan provinsi seribu masjid. Kemarin di Sumbawa belum semuanya dari seratusan masjid. Masih banyak yang belum kita datangi. Insya Allah di sini kita akan lanjutkan biar lebih dekat juga dengan masyarakat,” tandasnya. (ynt)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here