Kapolda NTB Kunjungi Suara NTB

Mataram (Suara NTB) – Kapolda NTB, Brigjen Pol. Drs. Firli, M.Si, mengunjungi redaksi Harian Suara NTB, Kamis, 23 Februari 2017. Dalam kunjungannya, Kapolda berbincang hangat dengan jajaran redaksi dan Penanggung Jawab Harian Suara NTB, H. Agus Talino.

Dalam dialog dengan Kapolda NTB, H. Agus Talino memperkenalkan profil Harian Suara NTB sejak awal kelahirannya hingga sekarang terbit 20 halaman setiap Senin. Bahkan, saat ini Suara NTB juga sudah mengembangkan sayapnya dengan membangun portal berita suarantb.com dan mingguan Ekbis NTB.

Iklan

Menanggapi ini, Firli sebagai Kapolda yang baru dilantik pada Selasa, 14 Februari 2017 lalu antara lain menyampaikan tentang pentingnya peranan media dalam mencerdaskan kehidupan berbangsa. Media massa juga dinilainya memiliki peranan penting dalam menjaga kondusivitas daerah ini.

Menurut Firli, sebagai media cetak, Harian Suara NTB tetap bisa memegang peranan penting dalam kemajuan teknologi digital sekarang. Firli meyakini, di tengah derasnya arus informasi melalui media daring, media cetak tetap memiliki pembaca tersendiri sehingga tetap mampu membangun opini masyarakat.

“Kedudukan strategisnya itu bisa membangun opini masyarakat. Baik itu yang positif, tapi  bisa juga yang negatif. Salah satu yang negatif, yang perlu kita antisipasi adalah, terlampau gampang orang terprovokasi dengan berita,” ujar Firli.

Karena itulah, Firli mengingatkan media soal pentingnya media tetap mengambil peranan sebagai agen perdamaian di tengah potensi konflik SARA yang setiap saat bisa muncul di daerah ini. Menurutnya, media bisa mengambil peran sebagai agen perdamaian, namun juga bisa tergelincir ke praktik yang sebaliknya.

Terkait bagaimana berinteraksi dengan isu-isu SARA ini, Firli pun mengutarakan berbagai pengalaman yang sudah dilaluinya selama ini.

Terkait masukan ini, H. Agus Talino menegaskan bahwa selama ini, Suara NTB memang selalu menjalankan praktik jurnalisme yang sehat, mulai dari proses perencanaan liputan setiap pagi, proses editing hingga evaluasi pemberitaan sepekan. Semuanya dilakukan demi memastikan setiap berita tidak tergelincir dalam praktik jurnalisme yang bertentangan dengan kaidah jurnalistik.

Usai dialog yang singkat dan cukup hangat itu, Kapolda NTB juga sempat menengok ruang redaksi dan penyiaran Global FM Lombok yang berada dalam satu grup dengan Harian Suara NTB. (aan)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here