Kapolda NTB Bekali Calon Bintara

Kapolda NTB Tomsi Tohir (kiri) memberi plakat kepada siswa calon Bintara 2019/2020 dalam pembekalan di Mapolda NTB, Sabtu, 22 Februari 2020.(Suara NTB/ist_Humas Polda NTB)

Mataram (Suara NTB) – Kapolda NTB Irjen Pol Tomsi Tohir membekali 154 siswa Pendidikan Pembentukan Bintara tahun ajaran 2019/2020. Ratusan calon Bintara Polri itu diberi arahan sebagai bekal mengabdi ke masyarakat. Mereka sebentara lagi menyelesaikan proses pendidikannya.

Tomsi mengingatkan para calon Bintara untuk melandasi pengabdiannya pada UUD 1945 dan Pancasila. Pemahaman tersebut untuk menuntut calon anggota Polri melaksanakan tugas pokok, peran, kewajiban, dan kewenangannya.

Iklan

Tantangan anggota Polri datang dari segala arah. “Dari eksternal antara lain ideologi radikalisme, sosial budaya, aspek keamanan, dan bencana alam,” ujar Kapolda di Mataram, Sabtu, 22 Februari 2020.

Sementara dari internal, masih terbukanya peluang ego sektoral, lemahnya soliditas, ancaman korupsi, kesehatan organisasi, mental, dan integritas. “Maka peningkatkan kepercayaan publik atas personel dilaksanakan dengan kinerja, reformasi kultur, dan manajemen media,” ucapnya.

Tomsi pun menyatakan komitmen yang perlu dipahami calon anggota Polri. Diantaranya, pertama mewujudkan soliditas antara TNI dengan Polri serta semua pemangku kepentingan, ketiga mewujudkan pengembangan kerja keras, kerja cerdas, kerja cepat, dan kerja ikhlas. Keempat, pembinaan karir yang anti korupsi, kolusi, dan nepotisme dengan berbasis prestasi kinerja, kelima mewujudkan pelayanan prima kepolisian yang profesional bebas dari praktik KKN dan keenam, mengupayakan deteksi dini untuk menangkis potensi kerawanan yang mengganggu pemeliharaan keamanan dan ketertiban masyarakat. “Saya tidak pernah takut untuk gagal. Hanya orang optimis yang bisa memberikan yang terbaik. Bekerja keraslah, bermimpilah lebih besar dan jadilah yang terbaik,” tandas Tomsi mengakhiri pembekalannya. (why)