Kapal TKI Kecelakaan di Batam, Mayoritas Penumpang Asal NTB

Mataram (suarantb.com) – Kabar menyedihkan datang dari Batam. Sebuah kapal yang membawa penumpang TKI dari Malaysia ke Batam mengalami kecelakaan setelah menabrak karang di tengah badai. Mayoritas penumpang kapal tersebut merupakan TKI asal NTB.

Dari jumlah penumpang 93 orang, hingga pukul 18.00 WITA malam ini, Rabu, 2 November 2016 jumlah korban selamat yang telah ditemukan 43 orang. Sementara korban meninggal 31 orang. Sisanya masih dalam proses pencarian.

Iklan

Demikian disampaikan Kepala Dinas Sosial, Kependudukan dan Catatan Sipil NTB, Akhsanul Khalik melalui pesan singkat kepada suarantb.com.

“Sesuai informasi dari Dinas Sosial Batam dan RPTC Tanjung Pinang telah terjadi kecelakaan kapal dari Malaysia ke Batam, jumlah penumpang 93 orang. Hingga pukul 18.00 korban meninggal 31 orang, korban selamat 43 orang dan 19 orang belum ditemukan. Mayoritas penumpangnya asal NTB,” jelasnya.

Kecelakaan ini terjadi di Teluk Mata Ikan Mangsa Batam. Selain korban asal NTB, ada juga korban yang berasal dari daerah lain. Namun, mayoritas adalah TKI asal NTB.

Dari 31 korban meninggal yang berhasil ditemukan Dinas Sosial Batam dan RPTC Tanjung Pinang, Khalik menyebutkan belum dilakukan identifikasi korban. Sehingga belum diketahui jumlah korban meninggal yang berasal dari NTB.

“Informasi terakhir jam 18.00 WITA kita terima dari Dinas Sosial Batam sudah ditemukan 31 orang meninggal. Tapi belum teridentifikasi dari mana asal dan namanya,” terangnya.

Gubernur juga memerintahkan kepada Disosdukcapil NTB untuk segera mengirimkan staf ke Batam. Ini ditujukan untuk melakukan pendataan warga NTB yang menjadi korban. Sekaligus melakukan penanganan secara maksimal kepada para korban dalam bentuk pemberian bantuan. Dalam hal pengurusan yang berkaitan dengan kepulangan korban ke daerah, baik yang meninggal maupun yang selamat.

Selanjutnya, Disosdukcapil akan berkomunikasi dengan Dinas Sosial Batam dan RPTC Tanjung Pinang untuk pemulangan jenazah dan korban selamat. Biaya pemulangan jenazah sesuai kewenangan menjadi tanggung jawab Dinas Sosial Batam dan Kementerian Sosial.

“Saat ini Kepala seksi Korban Tindak Kekerasan dan Pekerja Migran Dinas Sosial, Kependudukan dan Catatan Sipil NTB akan terus komunikasi dengan pihak Dinas Sosial Batam dan RPTC Tanjung Pinang. Untuk mengetahui setiap perkembangan yang ada terkait warga masyarakat kita yang dari NTB,” tandasnya. (ros)

Daftar TKI asal NTB yang menjadi penumpang kapal tersebut :
Marep (31) Loteng
Khalik Kurrahman (25) Lotim
Murizal (44) Loteng
M Nazar (27) Loteng
Zainal Arifin (21) Lotim
Ahuan (24) Lotim
Anto (30) KLU
Mashi (25) Lotim
M Saleh (20) Loteng
Jumitri (37) Loteng
M Jaliadi (21) Loteng
Burhanudin (22) Loteng
Rusdi (26) Loteng
Zailani (29) Loteng
Senah (50) Loteng
M Halil (26) Loteng
Agus Supriyatno (32) Lotim
Sadri (28) Loteng
Radiah (32) Lotim
Amaq Yudi Kharisma (46) Lotim
Herman (18) Loteng
Ahmad Zakaria (28) Lobar
Anto (27) Lotim
Nurhalida (16) Lombok
Ahmad Hasan (49) Lotim