Kanwil Kemenag NTB Perkuat Koordinasi dan Sinergi dengan Kejati

Kakanwil Kemenag NTB H. M. Zaidi Abdad silaturahmi ke Kajati NTB Tomo Sitepu untuk silaturahmi dan memperkuat sinergi dalam mencegah penyimpangan anggaran di lingkup Kemenag NTB. (Suara NTB/ist)

Mataram (Suara NTB) – Kepala Kantor Wilayah (Kakanwil) Kementerian Agama (Kemenag) NTB , Dr. H.M Zaidi Abdad  bertemu Kepala Kejaksaan Tinggi (Kajati) NTB Tomo Sitepu di Kejati NTB, Kamis, 4 Maret 2021. Kedatangan Kakanwil ini untuk memperkuat silaturahmi dan koordinasi terkait tindak lanjut MoU pencegahan penyimpangan penggunaan anggaran di Kemenag seluruh NTB.

Kakanwil Kemenag NTB H. M. Zaidi Abdad mengatakan, kedatangannya ke Kejati selain menjalin silaturahim serta menindaklanjuti kerjasama pencegahan penggunaan anggaran, menginformasikan kegiatan pembangunan fisik tahun 2021 di Kemenag NTB yang dibiayai SBSN

Iklan

Di samping itu pihaknya juga ingin mendengar arahan pimpinan Kejati dalam upaya bersama pencegahan terjadinya penyalahgunaan anggaran di Kemenag NTB. Terlebih lagi Kanwil Kemenag NTB saat ini lagi berproses masuk Zona Integritas ( ZI ) menuju Wilayah Bebas Korupsi ( WBK ) dan Wilayah Birokrasi Bersih Melayani (WBBM ).

Kemenag NTB, tambahnya, sudah berikhtiar dalam upaya pencegahan penyimpangan penggunaan anggaran ini dengan melakukan MoU dan kerjasama. Termasuk dengan Pimpinan Satker Kemenag seluruh NTB. Diawali dengan penandatanganan kesepahaman perjanjian kerjasama Kemenag NTB dan Kejati NTB pada hari Selasa, 20 Oktober 2020 lalu.

Kakanwil berharap kesepahaman dan kerjasama yang sudah terbangun nantinya dapat menjadi pintu masuk Kejati untuk memberikan koreksi, teguran kepada para pihak sebelum telanjur terjadi penyelewengan. Selain itu Kanwil Kemenag juga sangat memerlukan supervisi Kejati terkait seluruh proses layanan, mulai dari penganggaran hingga pelaksanaan, demi kebaikan bersama.

Kajari NTB, Tomo Sitepu mengucapkan terima kasih dan apresiasi yang mendalam atas kunjungan Kakanwil Kemenag NTB, H.M Zaidi Abdad di Kejati NTB. Tomo Sitepu menyambut baik itikad Menteri Agama yang sedari awal menjabat sudah melakukan koordinasi dan melakukan MoU dengan Kejati dalam rangka pencegahan korupsi.

“Kejati berharap Kemenag dapat menjadi contoh dalam penanganan dan pencegahan korupsi. Jadi kami berharap Kemenag mampu menjaga ZI yang sudah dicanangkan, dan menjadi teladan bagi lembaga lainnya,” ujar Tomo Sitepu. (dys)

Advertisementfiling laporan pajak filing laporan pajak Jasa Pembuatan Website Profesional