Kalender Balapan MotoGP 2022, Indonesia Kedua Setelah GP Qatar

Lintasan Pertamina Mandalika International Street Circuit, di Lombok Tengah yang menjadi lokasi balapan World Superbike (WSBK) dan Idemitsu Asia Talent Cup (IATD). Awal tahun depan, sirkuit kebanggaan masyarakat Indonesia ini akan menghelat hajatan yang lebih bergengsi, yaitu balapan dan sesi pramusim MotoGP.

Praya (Suara NTB) – Sukses menggelar balapan World Superbike (WSBK), Indonesia kini tengah bersiap untuk menggelar event balapan yang lebih bergengsi yakni MotoGP, dengan Pertamina Mandalika International Street Circuit sebagai venue gelaran. Sesuai kalender event yang telah dikeluarkan oleh Dorna Sport, GP Indonesia bakal digelar usai GP Qatar yang menjadi seri pembuka balapan tahun 2022.

“Jadwal (balapan MotoGP) sudah keluar dari Dorna,” aku Direktur Strategis dan Komunikasi Mandalika Grand Prix Assocation (MGPA) Happy Harinto, kepada Suara NTB, Selasa, 23 November 2021.

Iklan

Pada seri balapan MotoGP tahun 2022 mendatang, total ada 21 seri balapan yang akan digelar. Diselenggarakan di 17 negara, termasuk Indonesia yang akan menjadi tuan rumah balapan kelas premiun tersebut untuk pertama kalinya setelah dua dasawarsa lebih.

Indonesia akan bergabung dengan beberapa negara Asia yang sudah lebih dahulu menggelar event MotoGP. Seperti Malaysia, Thailand, Australia, serta Jepang termasuk Qatar. Di benua Amerika akan diwakili oleh Amerika Serikat dan Argentika. Sementara benua Eropa diwakili Spanyol, Belanda, Austria, Italia, Prancis, Finlandia, Inggris, serta Jerman dan Portugal.

Dengan Spanyol akan menggelar balapan sebanyak empat kali. Kemudian Italia sebanyak dua kali. Dan, negara lainnya masing-masing satu kali. Dengan seri pembuka akan digelar pada tanggal 6 Maret 2022. Dua pekan kemudian, barulah Indonesia menjadi tuan rumah MotoGP di sirkuit internasional Mandalika pada tanggal 20 Maret 2022.

Meski jadwal balapan sudah dikeluarkan, kata Happy, jadwal tersebut tetap masih bersifat sementara. Karena bisa saja berubah. Tergantung situasi dan kondisi negara penyelenggara. ‘’Jadwal ini masih sementara,’’ tandasnya. (kir)

Advertisement Jasa Pembuatan Website Profesional