Kaki Terpeleset, Zigi Gagal Amankan Medali Emas

Atlet karate unggulan NTB, Ahmad Zigi Zaresta Yuda berpose bersama Ketua Kluster Kabupaten Jayapura, Baiq Elok Megawati bersama jajaran pengurus KONI NTB usai gagal meraih medali  di PON XX GOR Politeknik Penerbangan Kayu Batu, Jayapura, Senin, 11 Oktober 2021.(Suara NTB/kontingen PON)

Jayapura (Suara NTB) – Atlet karate unggulan NTB, Ahmad Zigi Zaresta Yuda gagal mengamankan satu medali emas di ajang multi event olahraga tingkat nasional. Peraih medali emas SEA Games 2019 ini hanya mampu bertahan di peringkat empat besar nasional saat tampil di kelas perorangan Kata (seni gerak) putra, di PON di  Jayapura, Papua, Senin, 11 Oktober 2021.

“Saya mengucapkan permohonan maaf kepada masyarakat NTB. Saya belum bisa menyumbangkan medali emas,” ucap Ahmad Zigi Zaresta  saat diwawancarai Suara NTB, Senin, 11 Oktober 2021.

Iklan

Zigi mengaku sudah berusaha tampil maksimal di event tersebut. Namun hasil pertandingan tidak sesuai ekspektasinya, karena ada insiden kecil yang membuat ia gagal tampil maksimal.

Ia mengaku kakinya sempat terpeleset karena matras yang digunakan dalam pertandingan sedikit licin. “Gerakan saya di awal-awal goyang karena kaki saya terpeleset. Itu karena matrasnya licin,” jelasnya.

Terkait kondisi lantai dasar arena pertandingan yang licin, sebenarnya sudah diantisipasi oleh Zigi dan pelatihnya. Namun tak bisa dihindari. Kenyataannya tetap saja matrasnya  licin mengakibatkan  Zigi tak bisa tampil maksimal. “Saya sudah berusaha maksimal, dan persiapan sudah bagus. Tapi kembali lagi ke penilaian wasit dan juri.”

Kegagalan Zigi di  ajang multi event nasional memunculkan penilaian miring, beberapa pihak mengatakan ada unsur subyektif dari juri. Namun Zigi sendiri tak berani berkomentar. Atlet kebanggaan NTB ini mengaku  menerima apapun hasil keputusan juri meskipun ia gagal meraih medali  di event tersebut.

“Dua kali sudah saya gagal meraih medali emas di PON. Di PON 2016 saya dapat medali perunggu. Sekarang saya  tidak dapat medali. Saya menerima apapun hasilnya,” jelasnya.

Pelatih Karate Pelatda PON NTB, Elandrian Vitara mengatakan  kegagalan Zigi di event tersebut akibat ada gerakan Zigi yang kurang. Hal itu dikarenakan kaki Zigi terpeleset karena lantai sedikit licin. “Tadi kakinya agak kepeleset. Matrasnya licin dan sebenarnya sudah di antisipasi jadi kembali lagi tuhan yang menentukan,” ungkapnya. (fan)

AdvertisementJasa Pembuatan Website Profesional