Kakak Kandung TGB Optimis Nasdem Masuk Lima Besar Nasional

M. Syamsul Luthfi (Suara NTB/dok)

Praya (Suara NTB) – Mantan anggota DPR RI yang juga calon anggota legislatif (caleg) DPR RI daerah pemilihan Lombok, H.M. Syamsul Luthfi, SE., optimis Partai Nasdem bisa berbicara banyak pada pemilu legislatif kali ini. Bahkan, dari hasil survei internal yang dilakukan, Partai Nasdem berpeluang besar masuk lima besar nasional. Hal itu pulalah yang menjadi salah satu pertimbangan kakak kandung Tuan Guru Bajang (TGB) untuk masuk dan bergabung dengan partai pimpinan Surya Paloh ini.

“Bergabung dan mencalonkan diri melalui Partai Nasdem merupakan pilihan yang realistis. Melihat prospek dan potensi partai ini,” aku H. M. Syamsul Lufhti, S.E., kepada Suara NTB, usai konsolidasi Partai Nasdem di Praya, Sabtu,  19 Januari 2019.

Jika melihat tren perkembangan partai politik jelang Pemilu legislatif April mendatang, Partai Nasdem termasuk partai dengan tren positif. Meski tidak terlalu tinggi, namun konsisten, sehingga posisi akhir Partai Nasdem mendatang bukan tidak mungkin mengungguli partai-partai lawas yang sudah ada.

Dikatakannya, secara nasional ada empat partai politik yang kemungkinan besar mengisi posisi empat besar nasional. Pertama Partai Demokrasi Pejuangan (PDIP), Partai Gerindra, Partai Golkar serta Partai Kebangkitan Bangsa (PKB). Di posisi lima baru ada Partai Nasdem. “Ini hasil survei internal Partai Nasdem. Dan, dalam melakukan survei internal Partai Nasdem tidak pernah main-main,” tegasnya.

Sementara  di Lombok Tengah, Nasdem  bertekad bisa masuk tiga besar pada gelaran Pemilu legislatif bulan April mendatang dengan target minimal bisa meraup 7 kursi di DPRD Loteng. Sehingga paling tidak satu kursi pimpinan DPRD Loteng bisa diraih.

“Ini target realistis kita, melihat fenomena dan perkembangan Partai Nasdem secara nasional maupun di tingkat daerah (Loteng,red),” ungkap Sekretaris DPD Partai Nasdem Loteng, Ahmad Samsul Hadi, S.H., saat konsolisidasi Partai Nasdem, di Praya, Sabtu,  19 Januari 2019.

Pada gelaran Pemilu legislatif sebelumnya, Partai Nasdem Loteng berhasil menempatkan empat wakilnya di DPRD Loteng. Dan, pada gelaran Pemilu legislatif kali minimal seluruh enam daerah pemilihan (dapil) bisa memperoleh minimal satu kursi. Dengan dapil III (Pujut-Praya Timur) ditargetkan bisa memperoleh dua kursi, sehingga total target perolehan kursi Partai Nasdem berjumlah 7 kursi.

Dikatakannya, ada fenomena penurunan elektabilitas beberapa partai besar di Loteng. Peluang itulah yang coba dimanfaatnya oleh Partai Nasdem, untuk bisa menyodok ke posisi tiga besar di Pemilu legislatif tahun 2019 di Loteng dengan menyodorkan calon anggota legislatif (caleg) yang kompeten kepada pemilih.

Apalagi caleg-caleg Partai Nasdem merupakan figur-figur terbaik di semua daerah dan diharapkan bisa menjawab keraguan masyarakat akan figur caleg yang berkualitas. “Satu hal yang tidak kalah penting, dalam setiap rekrutmen caleg Partai Nasdem tidak pernah memungut sepeser pun. Jadi caleg yang diusung memang murni hasil seleksi partai,”  klaimnya. (kir)