Kado Spesial HUT NTB, RSMA Raih Akreditasi Utama Bintang 4

Direktur RSMA, H. Syamsul Hidayat didampingi Kabag TU, foto bersama tim surveyor dari KARS (SuaraNTB/Ist)

Sumbawa Besar (Suara NTB) – Rumah Sakit H.L. Manambai Abdulkadir (RSMA) mempersembahkan kado spesial pada momen Hari Ulang Tahun (HUT) Ke-60 Provinsi NTB yang diperingati tiap 17 Desember. Yaitu keberhasilan RSMA meraih Predikat Bintang 4 (Tingkat Utama) Akreditasi Rumah Sakit versi SNARS Edisi 1 Tahun 2018. Kado tersebut terasa lebih spesial lagi karena 17 Desember 2018 ini juga merupakan HUT RSMA yang ke 6.

 

Iklan

Direktur RSMA dr. H. Syamsul Hidayat mengatakan, RSMA adalah rumah sakit pertama di Provinsi NTB yang lulus akreditasi versi Standar Nasional Akreditasi Rumah Sakit Edisi 1 Tahun 2018. Pihaknya sangat gembira dan bersyukur atas pencapaian tersebut. Menurutnya, predikat Bintang 4 itu merupakan hasil kerja keras semua elemen yang ada di RSMA dan dukungan penuh dari Pemerintah Provinsi NTB.

 

‘’Terima kasih Bapak Gubernur NTB, Ibu Wakil Gubernur dan Bapak Sekda Provinsi NTB beserta seluruh jajaran. Terima kasih juga kepada Dewan Pengawas yang diketuai oleh Ibu Kepala Dinas Kesehatan Provinsi NTB yang sangat mendukung kami dalam upaya agar RSMA terus lebih baik ke depannya. Insya Allah berikutnya kami akan berupaya untuk meraih Predikat Bintang 5 atau Paripurna,’’kata dr. Dayat panggilan akrabnya.

 

Dalam rangka HUT ke-60 Provinsi NTB dan HUT ke-6 RSMA ini, Rumah Sakit H.L. Manambai Abdulkadir juga telah melaksanakan khitanan massal yang diikuti oleh 94 orang anak. Peserta khitanan massal tersebut berasal dari berbagai wilayah di Kabupaten Sumbawa antara lain dari Moyo Hilir, Kerato, Moyo Hulu dan Unter Iwes.

 

Selain khitanan massal, RSMA juga sukses menggelar baksos Metoda Operasi Wanita (MOW) yang diikuti oleh 52 orang. Baksos tersebut merupakan hasil kerjasama RSMA dengan Badan Keluarga Berencana dan Pemberdayaan Perempuan Kabupaten Sumbawa. Baksos Katarak juga rutin diadakan di RSMA setiap tahunnya dan diikuti oleh ratusan peserta yang membutuhkan.

 

Sebelumnya, Tim Surveyor dari Komisi Akreditasi Rumah Sakit (KARS) melaksanakan kegiatan Survei Akreditasi SNARS Edisi I tahun 2018 di RSMA.  Kegiatan tersebut selama empat hari mulai hari Selasa (27/11/2018) sampai Jumat (30/11/2018). Kegiatan survei dimulai dengan acara penyambutan dan pembukaan yang dilanjutkan dengan persentasi oleh Direktur RSMA dr. H. Syamsul Hidayat.

 

Tiga surveyor dari KARS adalah Dr. dr. Prita  Muliarini. Sp.OG(K).Si untuk Bidang Medis yang sekaligus sebagai Ketua Tim, dr.Bernadette Eka A. Wahjoeni, M.Kes untuk Bidang Manajemen dan Jany Prihastuty, S.Kep.Ns, M.Kes untuk Bidang Keperawatan. Dua pekan sebelum survei tersebut, RSMA terlebih dahulu melaksanakan Survei Simulasi Akreditasi pada 6 November – 9 November 2018. Saat itu tiga surveyor dari KARS yang bertugas adalah dr. Hj. Ety Retno Setyowati, Sp.PK, M.Kes, MARS untuk Bidang Medis, dr. Hendryk Kwandang, M.Kes untuk Bidang Manajemen dan Lannasari, S.Kep.M.Kep untuk Bidang Keperawatan. (arn/*)